alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Monyet Turun Gunung, Diduga Karena Merapi Makin Panas

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 21 November 2020 | 10:38 WIB

Monyet Turun Gunung, Diduga Karena Merapi Makin Panas
Gunung Merapi. (ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

Diduga monyet turun terkait meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi

SuaraJawaTengah.id - Balai Taman Nasional Gunung Merapi akan menyelidiki penyebab turunnya monyet ekor panjang dari wilayah gunung ke permukiman penduduk. Diduga monyet turun terkait meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TNGM, Wiryawan mengatakan ada kemungkinan monyet turun ke permukiman terkait kenaikan aktivitas Merapi.

“Biasanya kalau memang di atas aktivitas Merapi sudah semakin naik, suhunya panas, monyet turun dalam jumlah cukup banyak,” kata Wiryawan kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Monyet ekor panjang biasanya hidup berkelompok terdiri dari 15 sampai lebih dari 20 ekor.

“Monyet turun sekitar 3 hari yang lalu. Saya periksa ke lapangan itu aktivitas biasa. Kalau ada informasi lagi akan kami tidak lanjuti, apakah itu akibat peningkatan aktivitas Merapi.”

Selain di Dusun Gedangan, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, beberapa ekor monyet ekor panjang juga terlihat turun hingga permukiman penduduk di Desa Sucen, Kecamatan Salaman.

Radius turunnya monyet ekor panjang ini cukup jauh, sekitar 10 sampai 15 kilometer dari wilayah puncak Gunung Merapi. “Itu radiusnya sudah cukup jauh. Nanti akan kita cek dan perlu koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah atau DI Yogyakarta,” kata Wiryawan.

Sri Andarwati, warga Krakitan, Desa Sucen, Kecamatan Salam, mengaku melihat sepasang monyet ekor panjang di sekitar rumahnya. Dia mengaku baru kali ini kampungnya didatangi monyet liar.

“Saya menduga dari Merapi. (Akibat) anggetnya Merapi. Sebab kalau ada warga yang kehilangan (monyet lepas) di desa, tapi nggak ada yang nge-share,” ujar Sri Andarwati, saat dihubungi lewat pesan WhatsApp, Sabtu (21/11/2020).

Monyet ekor panjang berkeliaran di perkampungan di Desa Sucen, Kecamatan Salam, Magelang. Mereka turun diduga karena meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi. (Koleksi pribadi Sri Andarwati).
Monyet ekor panjang berkeliaran di perkampungan di Desa Sucen, Kecamatan Salam, Magelang. Mereka turun diduga karena meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi. (Koleksi pribadi Sri Andarwati).

Sri bahkan sempat merekam monyet liar tersebut menggunakan telepon genggam. Tampak monyet ekor panjang dengan ukuran lumayan besar duduk di pondasi pinggir jalan.   

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait