alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sungai Serayu Meluap, Ratusan Rumah di Banyumas Terendam Banjir

Budi Arista Romadhoni Kamis, 03 Desember 2020 | 17:21 WIB

Sungai Serayu Meluap, Ratusan Rumah di Banyumas Terendam Banjir
Dampak banjir yang menggenangi wilayah rumah warga di Desa Sokawera, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Kamis (3/12/2020). (Suara.com/Anang Firmansyah)

Luapan Sungai Serayu mengakibatkan rumah-rumah di lima kecamatan Kabupaten Banyumas terendam banjir

SuaraJawaTengah.id - Sebanyak seribu rumah lebih diperkirakan terendam banjir akibat luapan Sungai Serayu di lima kecamatan di Banyumas. Kecamatan tersebut diantaranya Rawalo, Kalibagor, Banyumas, Somagede dan Patikraja.

Berdasarkan data yang dihimpun sementara, dampak terparah terjadi di Desa Sokawera, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Di lokasi ini hampir 600 an rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter.

Kepala Desa Sokawera, Karman menjelaskan di wilayah desanya, air mulai naik sejak pukul 04.00 WIB.

"Di Sokawera itu satu kadus. Ada 10 RT, 2 RW kurang lebihnya hampir mencapai 600 rumah," katanya saat ditemui di lokasi, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Seratusan Rumah di Simalungun Terdampak Banjir Kiriman

Menurutnya, banjir seperti ini pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2000. Penyebabnya pun sama, terjadi karena luapan Sungai Serayu. Lokasi paling parah dengan kedalaman sekitar 120 cm.

"Sebenarnya ini air paling banter dari arah Sungai Serayu. Kalau kejadian yang dahulu itu pernah, tahun 2000. Lah ini baru ada lagi tahun ini," jelasnya.

Saat ini pemerintah tengah mendata banjir dan memfokuskan proses evakuasi warga yang terjebak banjir di rumahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Titik Pujiastuti menjelaskan saat ini menurut data yang terkumpul sudah mencapai ribuan rumah terendam.

"Ini kalau saya lihat luapan dari Sungai Serayu. Kemudian kalau kembaran dari Sungai Pelus. Untuk daerah sini itu Kalibagor dan Kecamatan Banyumas lalu Somagede. Saya baru evakuasi di Kalicupak juga setinggi dada orang dewasa," jelasnya.

Baca Juga: Sungai Serayu Meluap, Jalan Provinsi Banyumas-Bandung Terputus

Selain di Kecamatan Somagede, pihak BPBD Banyumas juga tengah fokus untuk mendata warga yang terdampak banjir di Kecamatan Rawalo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait