alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesona Karang Gemantung, Wisata Bukit Batu yang Indah di Banjarnegara

Ronald Seger Prabowo Minggu, 11 April 2021 | 11:03 WIB

Pesona Karang Gemantung, Wisata Bukit Batu yang Indah di Banjarnegara
Selain Dieng, Kabupaten Banjarnegara juga memiliki wisata alam yang tidak kalah indah, yaitu bukit batu Karang Gemantung. [Suara.com/dok]

Untuk mencapai lokasi yang berada di selatan Banjarnegara ini dapat ditempuh selama45 menit.

SuaraJawaTengah.id - Jika membicarakan wisata di Kabupaten Banjarnegara, tentu saja masyarakat maupun wisatawan langsung tertuju pada eksotisme Dieng, Sang Negeri di Atas Awan.

Namun, wisata alam di kabupaten yang berdiri pada 26 Februari 1571 itu tak semata Dieng saja. Adalah susunan batu alam yang menjulang di puncak di bukit  batu Karang Gemantung yang menjadi daya tarik utama wisata ini.

Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian 700 mdpl.

Lokasi Objek Wisata Karang Gemantung berada di Desa Kebutuh, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. Untuk mencapai lokasi yang berada di selatan Banjarnegara ini dapat ditempuh selama 45 menit.

Baca Juga: Rediscover Indonesia, Menikmati Pengalaman Wisata Lokal Bersama Accor

Salah satu pengelola wisata Karang Gemantung, Enggal Setiawan mengatakan, akses menuju lokasi dapat dilalui dengan kendaraan roda 4 dan roda 2.

"Jalan dari Kota Banjarnegara ke Desa Pagedongan sudah bagus dan halus. Hanya saja dari jalan raya Desa Pagedongan masuk ke gang lokasi wisata harus hati hati, karena masih terjal," ungkap Enggal, Minggu (11/4/2021).

Namun hal itu nampaknya tidak menjadi hambatan bagi wisatawan untuk menikmati pesona Karang Gemantung. Salah satu wisatawan, Septi Dwidara mengatakan, dirinya bersama keluarga sengaja berwisata ke Karang Gemantung menggunakan mobil jeep.

"Saya ikut bapak dan ibu sekalian offroad bersama sama keluarga dan teman bapak. Untuk menghilangkan penat," kata Septi.

Selain bisa menjadi tujuan saat offroad, banyak juga para gowes yang mampir ke Objek Wisata Karang Gemantung, untuk menikmati keindahan alam Banjarnegara bagian selatan.

Baca Juga: Wisata Bali: Menparekraf Pantau Kesiapan Pembukaan Pariwisata Pulau Dewata

Nama Karang gemantung berasal dari kata Karang yang berarti batu, gemantung yang berarti menggantung. Sehingga Karang Gemantung adalah susunan batu yang menggantung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait