alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lengkap! Daftar Lokasi Salat Id di Kabupaten Banyumas

Ronald Seger Prabowo Rabu, 12 Mei 2021 | 13:42 WIB

Lengkap! Daftar Lokasi Salat Id di Kabupaten Banyumas
Masjid Agung Kabupaten Banyumas. [Suara.com/Anang Firmansyah]

Rata-rata yang digunakan adalah masjid, musala dan lapangan desa. Namun ada juga yang melaksanakan salat id di halaman Sekolah Dasar (SD).

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah pusat telah memutuskan tanggal 1 Syawal 1442 jatuh pada hari Kamis (13/5/2021) besok. Namun ada juga sebagian umat muslim yang sudah merayakan Idulfitri pada hari ini karena memiliki perhitungan yang berbeda dengan pemerintah.

Dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi, pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Tim Satgas Covid-19 tingkat desa dan kecamatan menyeleksi lokasi mana saja yang dinilai tidak membahayakan jamaah agar tidak tertular virus Covid-19.

Ketika dikonfirmasi, Kasubbag TU sekaligus PLT Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Banyumas, Ibnu Asaduddin mengatakan, hingga saat sudah terdata sebanyak 1.825 lokasi yang digunakan untuk salat id.

Dari jumlah tersebut terbagi dari beberapa lokasi. Rata-rata yang digunakan adalah masjid, musala dan lapangan desa. Namun ada juga yang melaksanakan salat id di halaman Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga: Panduan Shalat Idul Fitri Menurut Kemenag

"Kita hanya mendata saja. Sedangkan yang meloloskan ada ditingkatan masing-masing tim Satgas Covid-19 kecamatan dan kelurahan. Kabupaten hanya beberapa tempat," katanya saat dihubungi Suara.com, Rabu (12/5/2021).

Di Kabupaten Banyumas terdapat 27 kecamatan, 30 kelurahan dan 301 desa. Hampir seluruh wilayah mendapat rekomendasi untuk pelaksanaan salat id pada saat perayaan Idulfitri besok.

Berikut sebagian lokasi yang digunakan untuk salat id :


Kecamatan Jatilawang

Desa Tunjung - Musala Al-Huda

Baca Juga: 5 Amalan Sunah Sebelum Menunaikan Salat Id

Desa Tinggarjaya - Babussalam

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait