alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unik, Belanja Menggunakan Kepeng Daun Pandan di Pasar Pereng Kali Kebumen

Budi Arista Romadhoni Minggu, 06 Juni 2021 | 12:32 WIB

Unik, Belanja Menggunakan Kepeng Daun Pandan di Pasar Pereng Kali Kebumen
Uang dari daun pandan yang dipakai transaksi di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. [Istimewa]

Pengelola Pasar Pereng Kali Kebumen menggunakan alat transaksi berupa kepeng yang terbuat dari kepingan anyaman daun pandan

SuaraJawaTengah.id - Uang tunai ‘tidak laku’ di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Destinasi wisata ini menawarkan suasana pasar tradisional tempo dulu.     

Pengelola Pasar Pereng Kali menggunakan alat transaksi berupa kepeng yang terbuat dari kepingan anyaman daun pandan. Pengunjung pasar terlebih dahulu menukar uang tunai dengan kepeng agar dapat digunakan berbelanja di pasar ini.

“Tujuan dibukanya Pasar Pereng Kali ini adalah pemberdayaan pemuda. Kami melihat pasar wisata menjadi potensi di Dukuh Pancasan, Desa Grenggeng,” kata Ketua Karang Taruna Desa Grenggeng, Taufik, Sabtu (6/6/2021).

Menurut Taufik, Pasar Pereng Kali dibuka pada akhir tahun 2018 lalu. Namun ditutup karena pandemi sekitar Maret 2020 dan hingga kini dibuka kembali.

Baca Juga: Fakta Pilu Terkuak dari Tragedi Petasan Maut Kebumen, Apa Itu?

“Pedagang mengeluhkan turunnya penghasilan akibat ditutupnya pasar ini. Sekarang dibuka kembali dengan hari pasaran sama seperti kemarin setiap selapanan (35 hari penanggalan Jawa), Sabtu Pahing,” ujar Taufik.

Suasana di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. [Istimewa]
Suasana di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. [Istimewa]

Selain unik karena tidak menggunakan uang tunai dalam transaksi, Pasar Pereng Kali menawarkan jajanan tradisional yang mulai jarang ditemui di pasar seperti centhil, ciwel, soto bathok, dan serabi.

Sambil menyantap jajanan tradisional, pengunjung dapat menikmati suasana pasar yang asri di bawah rimbunan rumpun bambu. Gemericik sungai di dekat pasar, menambah syahdu suasana.  

Taufik mengakui sebelum membuka Pasar Pereng Kali, Karang Taruna Desa Grenggeng sempat berkunjung ke Pasar Papringan di Kabupaten Temanggung. Yang membedakan Pasar Pereng Kali dengan Pasar Papringan, adanya kerajinan anyaman daun pandan sebagai produk unggulan Desa Grenggeng.

“Dibukanya Pasar Pereng Kali jilid 2 menjadi tonggak awal untuk event-event yang ada di Grenggeng dengan protokol kesehatan yang ketat. Harapan kami sebagai pemuda, dapat membangkitkan ekonomi desa di tengah pandemi,” ujar Taufik.

Baca Juga: Korban Tewas Petasan Maut di Kebumen Bertambah, Ini Sosoknya

Pentas musik di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. [Istimewa]
Pentas musik di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. [Istimewa]

Pembukaan Pasar Pereng Kali berlangsung 5-6 Juni 2021. Acara pembukaan dimeriahkan pertunjukan band lokal seperti Floyd, Susah Tidur, serta kesenian tradisional Gending Bodho dan kuda lumping.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait