alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anak Tak Ceria saat Pandemi Covid-19, Ini Peran Penting Orang Tua

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 23 Juli 2021 | 21:55 WIB

Anak Tak Ceria saat Pandemi Covid-19, Ini Peran Penting Orang Tua
Ilustrasi anak pakai masker. Orang tua punya peran penting menjada psikologis anak saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

Orang tua punya peran penting menjada psikologis anak saat pandemi Covid-19

SuaraJawaTengah.id - Pandemi COVID-19 membuat semua orang tidak senang. Apalagi anak-anak, mereka kehilangan kebebasan dalam bersosialisasi, belajar dan bermain. 

Namun demikian, orang tua harus dapat menjaga psikologi soerang anak agar tidak terganggu. Membuat bahagia di rumah menjadi hal yang utama saat pandemi COVID-19. 

Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (UI), mengatakan orang tua sangat berperan penting dalam menjaga kebahagiaan anak di tengah pandemi COVID-19.

"Kesehatan mental tidak kalah penting dari kesehatan fisik. Kebahagiaan tentu bagian dari mental yang sehat, jadi sudah sepantasnya menjadi prioritas utama berdampingan dengan kesehatan fisik anak," kata Vera dilansir dari ANTARA pada Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Makin Berat Pembelajaran Daring bagi Anak-anak Sekolah Luar Biasa

Vera menambahkan, perilaku orang tua saat di rumah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebahagiaan anak.

"Bagaimana anak menyikapi situasi saat ini sangat ditentukan oleh bagaimana sikap atau reaksi dari orang tuanya," ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia itu.

Oleh karena itu, orang tua perlu lebih berhati-hati dan menjaga sikap maupun tutur kata saat di rumah, terutama di depan anak.

Pasalnya, orang tua sering kali tidak menyadari bahwa kata-kata yang diucapkan atau hal yang dilakukan ternyata dapat menganggu kebahagiaan anak.

"Misalnya membandingkan anak dengan orang lain. Mungkin tujuannya baik, tapi tidak membahagiakan anak sebetulnya karena membuat anak merasa dirinya tidak pernah cukup," imbuh Vera.

Baca Juga: Pasutri Disarankan Tunda Kehamilan di Masa Pamdemi Covid-19, Pakar Ungkap Alasannya

Tak hanya itu, kata Vera, orang tua juga tak boleh melampiaskan emosi pribadi pada anak dan membuat anak menjadi semakin cemas dengan situasi saat ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait