alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kabar Duka! Sempat Keluhkan Sakit Perut, Mantan Rektor Unsoed Meninggal Dunia

Budi Arista Romadhoni Selasa, 14 September 2021 | 18:46 WIB

Kabar Duka! Sempat Keluhkan Sakit Perut, Mantan Rektor Unsoed Meninggal Dunia
Mendiang Prof Drs Rubijanto Misman yang merupakan mantan Rektor Unsoed. [Dokumentasi Keluarga]

Kabar Duka Mantan Rektor Unsoed Meninggal Dunia, ia sempat mengeluh sakit perut sebelum dikabarkan wafat

SuaraJawaTengah.id - Berita duka menyelimuti keluarga besar Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed). Mantan rektor periode 1997-2005, Prof Drs Rubijanto Misman dikabarkan meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di RS Geriyatri Purwokerto, Selasa, (14/9/2021) pukul 14.30 WIB dalam usianya ke 77 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan Rektor Unsoed Purwokerto, Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS yang menjabat saat ini. Menurutnya, mendiang meninggal setelah menjalani perawatan sejak Senin (13/9/2021) kemarin.

"Informasinya masuk RS hari Senin sore ya, saya dikabari teman katanya beliau di RS Geriyatri. Kami tadi rencana pukul 16.00 WIB mau nengok. Saya ga begitu paham keluhannya tapi yang saya dengar perutnya sakit," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (14/9/2021).

Kepergian Prof Rubi ini cukup mengejutkan banyak pihak. Sebab, menurut Prof Suwarto, pada Senin (13/9/2021) siang, mendiang masih mengawasi pembangunan Masjid Nurul Ulum.

Baca Juga: Kisah Amanat Surgawi, Mahasiswa UPL MPA Unsoed yang Bantu Kebumikan Jenazah Covid-19

"Saya kaget, karena kemarin siang masih beraktivitas mengawasi pembangunan Masjid Nurul Ulum yang direnovasi umat. Kalau tidak salah sebagai tim penasihat. Terus tadi dikabari sama tim kedokteran kondisinya tidak baik. 15 menit kemudian malah dikabari lagi meninggal," jelasnya.

Semasa hidupnya, Prof Rubi dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan organisasi. Diantaranya mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ketua Pembina Yayasan Kepedulian Pendidikan Anak Transmigran ( YKPAT), Pembina Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional ( KBUMP), Pembina Koperasi KOPKUN Purwokerto, Mantan Sekjend Persatuan Cendekiawan Pembela Pancasila ( PCPP).

Rencananya, mendiang Prof Rubi akan menjalani prosesi pelepasan dan penghormatan di gedung Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Rabu (15/9/2021) sekitar pukul 08.30 WIB secara terbatas.

"Tentunya kalau diijinkan keluarga akan ada tradisi pelepasan Guru Besar dengan prokes yang ketat, dibatasi yang hadir. Ini bagian Bidang 2 sedang komunikasi dengan keluarga," terangnya.

Atas nama keluarga besar Unsoed, Prof Suwarto menyampaikan turut berdukacita atas wafatnya Prof Rubi. Karena semasa hidupnya, mendiang turut membesarkan nama Unsoed Purwokerto.

Baca Juga: 9 PTN Pakai Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri: IPB, ITB, hingga Unpad

"Apalagi beliau pernah menjadi rektor di Unsoed selama dua periode. Selama kepemimpinan beliau Unsoed maju pesat. Walaupun beliau sudah pensiun masih aktif untuk dimintai saran dari pemda terutama di bidang olahraga dan sosial," tandasnya. 

Kontributor : Anang Firmansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait