alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awali Bulan Oktober, Cilacap Diguncang Gempa Sebanyak 2 Kali, Ini Penjelasan BMKG

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 01 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Awali Bulan Oktober, Cilacap Diguncang Gempa Sebanyak 2 Kali, Ini Penjelasan BMKG
Ilustrasi gempa bumi mengguncang Cilacap sebanyak 2 kali. (Antara/ist)

Kabupaten Cilacap diguncang gempa sebanyak 2 kali, ini penjelasan BMKG

SuaraJawaTengah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cilacap pada Jumat (1/10/2021). 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedie mengatakan, gempa bumi di Cilacap terjadi dua kali yaitu pada Jumat pagi.  

"Gempa pertama dengan magnitudo 3,2 SR (Skala Richter) terjadi pada pukul 04.42 WIB. Pusat gempa berlokasi di 8,562 lintang selatan dan 108,97588 bujur timur atau 92 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 24 kilometer," katanya di Banjarnegara, Jumat (1/10/2021). 

Sementara gempa kedua, kata dia, dengan magnitudo 3,3 SR terjadi pada pukul 06.07 WIB yang berlokasi di 8,27 lintang selatan dan 108,91 bujur timur atau 61 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 31 kilometer.

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Wilayah Brebes, Puluhan Rumah Rusak

Menurut dia, dua gempa tektonik yang terjadi pada Jumat (1/10) pagi itu tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya tsunami.

"Dua gempa tersebut merupakan gempa tektonik akibat aktivitas di zona subduksi. Kan kita tahu di selatan Cilacap itu ada lempeng Indo-Australia yang masuk ke lempeng Eurasia. Aktivitas dari dua lempeng itulah yang kadang menimbulkan gempa bumi seperti halnya yang terjadi tadi pagi," kata Setyoajie menjelaskan.

Menurut dia, masyarakat Kabupaten Cilacap tidak perlu khawatir karena gempa-gempa tersebut merupakan bagian dari pelepasan energi yang diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya gempa yang lebih besar.

Kendati demikian, dia mengimbau masyarakat Cilacap untuk tetap waspada terhadap gempa yang berpotensi terjadi di wilayah itu.

"Bahkan, Cilacap juga sering terjadi gempa. Kalau lama tidak terjadi gempa dikhawatirkan akan terjadi gempa dengan magnitudo yang lebih besar," katanya. 

Baca Juga: Usai Kalahkan PSIM Yogyakarta, PSCS Cilacap Dirundung Kabar Duka

[ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait