alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Video Detik Detik Tanah Longsor Timpa Rumah di Banjarnegara, Ini Kondisinya

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 19 November 2021 | 13:05 WIB

Viral Video Detik Detik Tanah Longsor Timpa Rumah di Banjarnegara, Ini Kondisinya
Kondisi paska tanah longsor dan hingga kini masih ada rekahan yang mengancam rumah warga lainnya, Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jumat (19/11/2021). [Suara.com / Citra Ningsih]

Dalam video tersebut menampakkan detik-detik tanah longsor menimpa rumah warga di Banjarnegara

SuaraJawaTengah.id - Sebuah video viral di sosial media, Kamis (19/11/2021). Dalam video tersebut menampakkan detik-detik tanah longsor menimpa rumah warga.

Setelah dikonfirmasi, lokasi tersebut berada di dusun jengkol, desa Karangnangka, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dalam video durasi 30 detik tersebut memperlihatkan kejadian tanah longsor yang menimpa sebuah rumah hingga luluh lantak.

Rumah tersebut milik Suwarto (55) yang berada persis dibawah tebing setinggi 15 meter dan panjang 30 meter. Sebelumnya, tebing tersebut sudah mulai longsor namun masih dalam skala kecil.

Beruntung kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Hanya kerugian material berupa rumah yang kini telah rata dengan tanah.

Baca Juga: Ancaman Tanah Longsor Mengintai di Sleman, Ini Wilayah yang Harus Diwaspadai

Pemilik rumah, Suwarto membenarkan bahwa rumah dalam video viral ambruk tertimpa tanah longsor. Ia menyebut kejadian berawal ketika hujan deras terus menerus.

Kemudian tanah bergerak dan menyebabkan rekahan di atas tebing yang merupakan jalan Kabupaten.

"Hujan dari Rabu (17/11/2021), terus retak kemudian roboh baru kemarin sorenya karena hujan lagi, langsung rumahnya roboh," ungkap dia, Jumat (19/11/2021).

Ia mengaku khawatir dan cemas atas kejadian tersebut. Ia bahkan tidak berani mendekati rumahnya dan memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Tanah terus bergerak kalau lagi hujan. Takut kalau hujan deras tanahnya longsor lagi. Sementara kalau hujan ngungsi. Tapi kalau sudah begini hujan atau tidak tetep ngungsi saya," tambah dia.

Baca Juga: Waduh! Objek Wisata Banjarnegara Nekat Buka Saat PPKM Level 3

Sebelumnya, petugas sudah memberi tanda dan melakukan penjagaan disekitar lokasi. Dalam video juga menampakkan garis polisi agar warga tidak mendekat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait