alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diguyur Tunjangan Sertifikasi, Guru Asal Kota Solo Ini Tetap Hidup Sederhana

Budi Arista Romadhoni Kamis, 25 November 2021 | 09:50 WIB

Diguyur Tunjangan Sertifikasi, Guru Asal Kota Solo Ini Tetap Hidup Sederhana
Guru asal Kota Solo Rudy Adiyanto tetap hidup sederhana meski diguyur tunjangan berlimpah dari pemerintah [Solopos.com/Chrisna Chanis Cara]

Guru dan dosen yang berstatus ASN kini sudah mendapatkan gaji dan tunjangan yang sangat tinggi, namun guru asa solo ini tetap hidup sederhana

SuaraJawaTengah.id - Tenaga pengajar atau Guru dikenal sebagai pahlawan tanpa jasa. Namun, guru yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kini sudah berbeda. 

Kesejahteraan ASN sudah cukup tinggi. Bahkan masih ada program tunjangan sertifikasi yang memiliki nilai setara dari gaji bulannya. 

Maka tak heran, jika Guru dan Dosen yang berstatus ASN kini bisa dibilang bisa hidup mapan dan dengan gaya hidup yang super mewah. 

Namun ternyata hal itu tidak bagi Rudy Adiyanto, 54. Ia merupakan satu dari sekian banyak guru di Kota Solo yang mendapat guyuran tunjangan sertifikasi sejak 2012 silam.

Baca Juga: Kabar Gembira! Gaji Guru Honorer Sulawesi Selatan Akan Dinaikkan Tahun Depan

Menyadur dari Solopos.com, Gaji plus tunjangan yang sangat layak membuat kesejahteraan guru PNS seperti Rudy meningkat. Saat sebagian besar guru mengubah gaya hidup setelah diguyur tunjangan sertifikasi, Rudy memilih tetap hidup bersahaja.

“Bapak, motore kok ora ganti-ganti ta. Liyane wis dha ganti mobil lho. [Bapak, motornya kok tidak ganti-ganti sih. Yang lain sudah ganti naik mobil lho]”. Olok-olok itu hingga kini masih terkenang di benak Rudy Adiyanto saat ada yang mengajaknya ngobrol tentang motor kesayangannya, Honda Astrea Prima.

Motor jadul itu memang masih setia menemani Rudy mengajar di SMAN 6 Solo dari tahun 1997 hingga saat ini. Hampir setiap hari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Tata Usaha SMAN 6 yang juga guru Matematika ini menaiki Prima dari rumahnya di Bekonang menuju sekolah.

Guyuran tunjangan sertifikasi yang didapat sejak 2012 tak membuat guru berusia 54 tahun itu hidup bermewah-mewah. Rudy pun tak berniat mengubah gaya hidupnya saat menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan tahun 2014-2016 dan 2019-2021.

Hari itu, Rabu (24/11/2021), dia naik sepeda motor pinjaman karena Honda Prima kesayangannya sedang diservis. “Lha bedane apa [motor dengan mobil]? Guru yang diukur kinerja. Saya mencari keberkahannya saja,” ujar Rudy kepada sang rekan kala itu.

Baca Juga: 11 Kata-kata dan Ucapan Hari Guru Nasional 2021 untuk Caption Media Sosial

Sosok guru teladan yang digambarkan dalam lagu Iwan Fals, Oemar Bakrie, terlihat pada diri Rudy. Jika dahulu pengajar lekat dengan sepeda kumbang sebagai alat transportasi, kini jamak ditemui halaman parkir sekolah penuh dengan mobil para guru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait