alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bangkitkan Ekonomi Saat Pandemi, Komunitas UMKM usAHA Ini Borong Lapak Pedagang Kaki Lima

Budi Arista Romadhoni Rabu, 12 Januari 2022 | 10:40 WIB

Bangkitkan Ekonomi Saat Pandemi, Komunitas UMKM usAHA Ini Borong Lapak Pedagang Kaki Lima
Komunitas UMKM usAHA memborong lapak-lapak pedagang kaki lima. [Dok Komunitas usAHA]

Komunitas UMKM usAHA ini memborong dagangan di lapak-lapak kaki lima, hal itu dilakukan sebagai upaya membangkitkan ekonomi

SuaraJawaTengah.id - Membangkitkan ekonomi saat Pandemi Covid-19 memang tidak mudah. Aksi borong makanan kaki lima pun dilakukan oleh komunitas UMKM usAHA

Diketahui, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus berupaya membangkitkan ekonomi para pelaku UMKM. Ketua Umum Partai Golkar itu pun membentuk komunitas UMKM yang bernama usAHA.

Komunitas itu melakukan kampanye belanja di UMKM diberbagai daerah, salah satunya di Jawa Tengah. Kota Semarang menjadi kota pertama di Jawa Tengah yang disambangi tim UMKM usAHA binaan Airlangga.

Koordinator UMKM usAHA Kota Semarang, Ongki Vernanda (23) menjelaskan, program ini akan berjalan di beberapa titik di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Meroket, Pelaku UMKM Siasati Pemasaran

"Program ini sudah di lakukan di Kota Semarang dan akan dilakukan di Kabupaten Semarang, Salatiga, Solo, kemudian di Yogyakarta," jelas Ongki dari keterangan tertulis yang diterima Rabu (11/1/2022).

Ongki menuturkan bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah usAHA Borong Usaha, dimana tim dari UMKM usAHA akan berhenti di satu titik tempat berkumpulnya pedagang kaki lima dan memborong dagangannya untuk dibagikan pada masyarakat secara gratis.

" Intinya kita bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM. Selain bermanfaat untuk pedagang, ini bermanfaat juga untuk warga, bisa nyicipin gratis dagangan si PKL ini. Siapa tau kedepannya jadi langganan," tutur Ongki.

" Hari ini kegiatan borong usaha kita lakukan di dua titik. Pertama di Taman Tirto Agung, Pedalangan. Kedua di depan Gedung GRIS, Jalan Demah, Pedurungan, Semarang," imbuhnya.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Salah satunya adalah, Bagus Utama (22). Mahasiswa asal Kendal ini mengatakan dirinya sudah sering mendengar soal komunitas UMKM usAHA. Dia sengaja datang ke lokasi kegiatan usAHA Borong Usaha untuk menikmati kudapan gratis. Bagus mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang kecil, terlebih di tengah situasi pandemi.

Baca Juga: UMKM Kripik di Sumsel Diundang Ganjar Pranowo, Yuk Promosi Produk

"Menurut saya, kegiatan ini bagus dan bermanfaat banget, karena sangat membantu pedagang kecil, selain itu buat masyarakat juga baik karena bisa nyicipin jajanan UMKM kita, terus masyarakat jadi tau kalau Pak Airlangga Hartarto ini punya program khusus untuk meningkatkan UMKM. Di sisi lain, kan masih kondisi pandemi, jadi bisa menolong pegadang kecil lah intinya," kata Bagus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait