facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dipastikan Tak akan Merusak Candi Borobudur

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 21 Januari 2022 | 09:08 WIB

Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dipastikan Tak akan Merusak Candi Borobudur
Ilustrasi Jalan Tol, Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dipastikan tidak mengenai kawasan objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, melainkan justru akan mendukung keberadaan wisata [setkab.go.id]

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dipastikan tidak mengenai kawasan objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, melainkan justru akan mendukung keberadaan wisata

SuaraJawaTengah.id - Proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen akan segera dimulai. Saat ini, pembebasan lahan masih dilakukan oleh pemerintah daerah. 

Namun demikian banyak yang mempertanyakan rute jalan tol tersebut. Apakah jalan tol akan mengenai kawasan Candi Borobudur?

Perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Endro Hudiyono menyebut, pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dipastikan tidak mengenai kawasan objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, melainkan justru akan mendukung keberadaan satu dari tujuh keajaiban dunia ini.

"Jalan Tol Yogyakarta-Bawen terutama di Kabupaten Magelang tidak mengenai Candi Borobudur," kata Endro Hudiyono dikutip dari ANTARA, di Semarang, Kamis (21/1/2022). 

Baca Juga: Potensi Gibran yang Berpeluang Maju di Pilgub Jateng 2024, Bambang Pacul: Perintah Ketua Umum Tegak Lurus

Ia menyebut Jalan Tol Yogyakarta-Bawen setelah selesai dibangun akan mendekatkan akses ke kawasan objek wisata Candi Borobudur, sehingga diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di daerah sekitar.

Candi Borobudur, ujar dia lagi, merupakan destinasi wisata super prioritas sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), sehingga jalan tol juga menjadi destinasi kawasan pariwisata di sekitar candi.

"Secara umum selain manfaat akses bagi mobilitas masyarakat, keberadaan tol untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan perekonomian bagi kabupaten penyangga di sekitar Kabupaten Magelang, seperti Kabupaten Semarang, Temanggung, Purworejo, Boyolali, Wonosobo, dan Kota Magelang," ujarnya.

Dengan demikian, secara bertahap jika Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sudah dapat dioperasikan, maka perekonomian di beberapa kabupaten penyangga itu juga bisa menerima manfaat dari pembangunan jalan tol.

Nantinya, kata Endro pula, di Kabupaten Magelang direncanakan ada dua tempat istirahat (rest area) Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang bisa menjadi etalase promosi bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat untuk menampilkan produk lokal andalan.

Baca Juga: Yamaha bLU cRU Diperkenalkan di Jawa Tengah, Jangkau Penyuka Racing Secara Luas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait