facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kunjungi Kampung Lele Boyolali, Menteri KKP Beri Saran Penting

Ronald Seger Prabowo Kamis, 27 Januari 2022 | 23:43 WIB

Kunjungi Kampung Lele Boyolali, Menteri KKP Beri Saran Penting
Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) RI Sakti Wahyu Trenggono (dua dari kiri) didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat (dua dari kanan) menabur bantuan benih ikan lele di Kampung Lele Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (27/1/2022). [ANTARA/Bambang Dwi Marwoto]

Kampung Lele tersebut telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Boyolali.

SuaraJawaTengah.id - Menteri Kelautan dan Perikanan atau Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja budidaya ikan air tawar di Kampung Lele Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, Kamis (27/1/2022).

MKP Sakti Wahyu Trenggono dalam kunjungan kerja di Kampung Lele Desa Tegalrejo Boyolali dengan tujuan untuk melihat langsung budidaya perikanan air tawar yang dilakukan dengan baik dan mampu menghasilkan produksi rata-rata 600 ton ikan lele per bulan yang tersebar pada 2.000 kolam.

"Saya melihat budidaya ikan lele ini, cukup bagus karena setiap satu kilogram bisa Rp3.700 net profit. Kalau ini skalanya dinaikkan maka seluruh pembudidayaan nilai tukar kesejahteraan petani akan meningkat," kata Sakti Wahyu Trenggono dikutip dari ANTARA, Kamis (27/1/2022).

Menurut MKP, Kampung Lele tersebut telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Boyolali.

Baca Juga: Tak Ada Bukti Pemerkosaan Oleh Oknum Perwira Polres Boyolali, Pelapor dan Terlapor Berebut Bayar Hotel

Hal tersebut karena kegiatan di Kampung Lele didasarkan atas usaha agribisnis lele yang terpadu, dijalankan mulai dari hulu hingga hilir secara sistematis dan dinamis.

Sementara itu, soal produksi ikan lele untuk pemasaran, Kampung Lele Boyolali sudah menjangkau hingga ke daerah Yogyakarta, Solo, Klaten, Boyolali, dan Salatiga.

"Kalau pemasaran tidak usah khawatir, berapapun produksi langsung dapat diserap oleh pasar," kata Trenggono.

Selain berdialog dengan peternak ikan air tawar di Kampung Lele Boyolali, MKP juga menyerahkan sejumlah bantuan.

Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) antara lain berupa dua unit sepeda motor roda tiga senilai Rp60 juta, 2.000 kilogram pakan mandiri senilai Rp15,6 juta, 10 paket calon induk ikan lele senilai Rp5,2 juta, dan 100 ribu ekor benih ikan lele senilai Rp19,5 juta.

Baca Juga: Jauh-jauh ke Markas Ganjar, Puan Maharani Cuma Bilang Kader PDIP Wajib Nurut Megawati

Selain itu, Trenggono juga menyerahkan bantuan berupa satu unit "excavator" senilai Rp1,150 miliar, satu paket budidaya ikan sistem "bioflok" senilai Rp190 juta, dua paket alat kualitas air senilai Rp7 juta, dua unit pompa air senilai Rp6 juta, dan 25 paket "smartkit" pengujian kualitas air senilai Rp75 juta.

MKP yang didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat dalam kunjungan kerja tersebut juga menaburkan ribuan ekor benih ikan lele ke dalam kolam ikan air tawar di Kampung Lele itu.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan serta dukungan kepada para peternak ikan air tawar di Kampung Lele.

“Selamat datang dan terima kasih atas perhatian, saran, arahan untuk upaya langkah pengembangan ke depan demi untuk membangun Kabupaten Boyolali yang lebih baik," kata Bupati.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait