facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Tips Menjaga Kulit Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Budi Arista Romadhoni Kamis, 14 April 2022 | 07:25 WIB

Ini Tips Menjaga Kulit Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan
Ilustrasi kulit wajah bersinar. Kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadhan cenderung menimbulkan masalah pada kulit seperti bibir kering, pecah-pecah, hingga jerawat. (freepik)

Kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadhan cenderung menimbulkan masalah pada kulit seperti bibir kering, pecah-pecah, hingga jerawat

SuaraJawaTengah.id - Asupan makanan dan minuman sangatlah penting bagi tubuh. Tidak hanya mempengaruhi stamina, tetapi juga pada kulit

Dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV, mengatakan kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadhan cenderung menimbulkan masalah pada kulit seperti bibie kering, bibir pecah-pecah, hingga jerawat.

Namun, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips sederhana namun jitu untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadhan, dikutip dari ANTARA, Rabu (13/4/2022).

1. Banyak minum air putih

Baca Juga: Jadwal Imsak Jember Kamis 14 April 2022

ilustrasi  air putih (unsplash)
ilustrasi air putih (unsplash)

Selama Ramadhan, pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Diketahui, manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur.

“Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,” tambah dia.

2. Perhatikan durasi mandi dan suhu air

Ilustrasi mandi, doa mandi keramas sebelum puasa ramadhan (Freepik)
Ilustrasi mandi (Freepik)

Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Jadwal Imsakiyah Serang Banten Kamis 14 April 2022

3. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait