facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sambut HUT ke-76 Bhayangkara, Polda Jateng Gelar Khitanan Massal di RS Bhayangkara

Ronald Seger Prabowo Kamis, 19 Mei 2022 | 15:30 WIB

Sambut HUT ke-76 Bhayangkara, Polda Jateng Gelar Khitanan Massal di RS Bhayangkara
Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Polda Jateng melalui Biddokkes menggelar Bakti Kesehatan (Baktikes) berbentuk Khitanan Massal yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Tk II Awaloeddin Djamin, Kota Semarang, Kamis (19/5/2022). [Dok Humas Polda Jateng]

Kegiatan itu diikuti 125 anak-anak berusia 5-14 tahun yang berasal dari beragam kalangan masyarakat.

SuaraJawaTengah.id - Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Bhayangkara 2022, Polda Jateng melalui Biddokkes menggelar Bakti Kesehatan (Baktikes) berbentuk Khitanan Massal yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Tk II Awaloeddin Djamin, Kota Semarang, Kamis (19/5/2022).

Kegiatan itu diikuti 125 anak-anak berusia 5-14 tahun yang berasal dari beragam kalangan masyarakat.

Kepala Rumah sakit (Karumkit) Bhayangkara Semarang, Kombes Pol dr. Muhammad Khusnan Marzuki yang membuka kegiatan menjelaskan khitanan massal dilakukan karena membawa manfaat kesehatan khususnya bagi kaum pria.

"Khitan bagi anak-anak akan membawa hikmah dan berkah tersendiri bagi mereka yang melaksanakan. Selain membawa pahala karena merupakan salah satu sunnah agama, proses khitan juga merupakan salah satu tahapan hidup bagi anak menuju kedewasaan," ungkap Kombes dr. Khusnan.

Baca Juga: Pasca Operasi Ketupat Candi 2022, Personel Polda Jateng Jalani Tes Swab, Ini Hasilnya

Secara psikologis, kata dia, seorang anak belajar mengenai pengorbanan melalui proses khitan dan diharapkan mampu mengembangkan pola pikir anak menjadi lebih dewasa.

"Dia berani berkorban untuk masa depannya di dunia maupun di akhirat. Pola pikir anak sebelum dan setelah dikhitan juga akan berbeda," lanjutnya.

Selain itu, terang dr. Khusnan, khitan membawa dampak kesehatan fisik bagi anak. Kesehatan anak menjadi lebih terjaga sehingga terhindar dari penyakit kelamin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait