facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral, Video Warga Saring Tumpahan Minyak dari Pipa Bocor di Cilacap, Begini Penjelasan Pertamina

Budi Arista Romadhoni Rabu, 03 Agustus 2022 | 21:53 WIB

Viral, Video Warga Saring Tumpahan Minyak dari Pipa Bocor di Cilacap, Begini Penjelasan Pertamina
Warga menggunakan ember dan jeriken mengambil tumpahan minyak yang tercecer dari pipa milik Pertamina yang bocor di Sungai Jambu, Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Rabu (3/8/2022). [Istimewa]

Banyak warga yang menduga aroma tersebut berasal dari minyak jenis Pertalite yang bocor dari pipa saluran Pertamina

SuaraJawaTengah.id - Warga Dusun Lengkong, Kelurahan Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap geger karena Sungai Jambu berubah warna menjadi hitam. Tak hanya itu, aroma menyengat juga tercium dari sungai tersebut.

Hal itu diketahui dari potongan video yang beredar di media sosial WhatsApp Rabu (3/8/2022) siang. Banyak warga yang menduga aroma tersebut berasal dari minyak jenis Pertalite yang bocor dari pipa saluran Pertamina. Namun tak sedikit juga yang mengira bahwa minyak yang mengalir ke sungai merupakan jenis Solar.

"Panen solar kiye, kaline dadi solar kabeh. Golet jeligen, golet jeligen. Panen solar kiye, kaline dadi solar kabeh (Panen solar ini, sungainya jadi solar semua. Cari jeriken, cari jeriken)," kata seseorang melalui percakapan video yang tersebar di media sosial.

"Pertalite banjir, Pertalite kaeh. Jane mambu temen, nyong kerasa jam setengah lima (Pertalite banjir, Pertalite itu. Kaya bau banget, saya kerasa jam setengah lima), kata seseorang dalam potongan video yang lain.

Baca Juga: Kisruh Kasus LNG, MAKI Sebut Yang Bermasalah LNG Mozambique

Dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga pada Rabu (3/8/2022) di Semarang, Brasto Galih Nugroho membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Kejadian terjadi saat pekerjaan proyek pipa BBM Cilacap-Bandung (CB) 3 pada Rabu pagi," katanya kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Saat ini, Pertamina tengah berupaya menangani secara cepat terkait rembesan pipa BBM di Dusun Lengkong, Kelurahan Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Dirinya menyebut saat ini pihaknya sedang menginvestigasi penyebab kejadian tersebut. 

"Saat ini, kami sedang fokus ke penanggulangan dan memitigasi rembesan pipa dimaksud bekerjasama dengan pihak-pihak terkait," terangnya.

Baca Juga: DPRD Kota Kendari Desak Menteri BUMN Gantikan Bos Pertamina Sultra

Dengan adanya kejadian tersebut, Brasto menjamin stok BBM dalam keadaan aman. Pihaknya akan memitigasi dan melakukan alih pasokan BBM dari Fuel Terminal lain jika diperlukan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait