Budi Arista Romadhoni
Ilustrasi anak kecil sedih. Ganjar Pranowo menyebut selama pandami Covid-19 ribuan anak kehilangan orang tuanya, mereka menjadi anak yatim, piatu dan yatim piatu. (Unsplash/Kelly Sikkema).

SuaraJawaTengah.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung penuh langkah Polda Jateng membantu penanganan anak yatim piatu melalui program Aku Sedulurmu.

Menurut Ganjar, program itu sudah inline dengan langkah penanganan pasca pandemi yang disiapkan Pemprov Jateng.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan peluncuran Aku Sedulurmu di Hotel Patrajasa Semarang, Senin (16/8/2021). Dalam kesempatan itu, hadir juga Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo, istri dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

"Saat saya dihubungi pak Kapolda, saya senang sekali karena ini sejalan dengan program kami. Kebetulan kami memang mendata dampak akibat pandemi. Ada berapa banyak pelaku UKM terdampak, PKL, industri hingga data ada berapa anak yatim yang orangtuanya meninggal karena Covid-19," kata Ganjar.

Baca Juga: Diduga Membuat Keterangan Palsu saat Sidang, Warga Desa Wadas Bakal Laporkan Saksi Ganjar

Saat pendataan itu, Kapolda telah membuat program anak asuh bagi mereka yang ditinggal meninggal orang tuanya. Menurutnya program itu sangat bagus dan harapannya bisa ditiru oleh pihak lain.

"Kami juga sudah punya beberapa program, misalnya ASN jadi orang tua asuh, kemudian program bantuan melalui APBD dan ketiga dari Baznas. Hari ini sudah jalan di Baznas, ada lima yatim piatu yang mendapat bantuan. Ini akan terus kita dorong agar dipraktikkan sebagai bentuk kongkret kepedulian," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melihat vaksinasi terhadap anak di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro, Jumat (23/7/2021). [Dok Pemprov Jateng]

Ganjar menerangkan, dari data yang sudah masuk, total ada 7.756 anak yatim di Jateng selama pandemi. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah, karena pendataan terus dilakukan.

"Yang sudah masuk ada 7.756, mereka ada yang yatim, piatu dan yatim piatu. Data kami lengkap, by name by address. Hari ini Polda Jateng sudah menginisiasi, kami tentu senang sekali. Harapan kami program-program seperti ini akan terus kita gerakkan di Jateng ini, termasuk bantuan untuk masyarakat umum, UKM, PKL, industri dan lain sebagainya yang terdampak pandemi," jelasnya.

Sementara itu, saat peluncuran program Aku Sedulurmu, Polda Jateng membantu 333 anak yatim piatu yang ditinggal meninggal orang tuanya selama pandemi. Penyerahan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Bhayangkari, Gubernur Jateng dan Kapolda.

Baca Juga: RI Harus Merdeka dari Pandemi, Anggota DPR: Tak Masuk Akal Tes PCR Harus Habiskan Gaji

"Ini program pertama kali dilaksanakan untuk bantu anak yatim piatu akibat Covid-19. Semoga ini jadi inspirasi dan contoh pada semuanya, agar anak-anak itu terjamin pendidikan dan masa depannya. Mari kita bantu agar mereka bisa menggapai mimpi dan cita-citanya," kata Juliati Sigit Prabowo.

Komentar