Lebaran Selesai, 4000 Orang dari Solo Hari Ini Kembali ke Jakarta

Reza Gunadha
Lebaran Selesai, 4000 Orang dari Solo Hari Ini Kembali ke Jakarta
Ilustrasi - Tulisan lucu di motor para pemudik (Facebook)

"Total 10.052 orang yang diangkut menggunakan 230 bus menuju ke Jakarta. Kalau yang di Solo sebanyak 4.000 ribu orang yang diangkut menggunakan 89 bus," terang Syaiful

Suara.com - Sebanyak 4.260 pemudik kembali ke Jakarta melalui program arus balik gratis dari Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019) pagi.

Program mudik gratis itu digelar oleh Kementerian Perhubungan Ri dan Pemprov DKI Jakarta, bagi pemudik di kawasan tersebut.

Kasubdit Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub Syaiful Bachir mengatakan, pemberangkatan ini sebenarnya tidak hanya dilakukan di Solo, tapi juga Purwokerto, Wonogiri, Semarang dan Jogjakarta.

"Total 10.052 orang yang diangkut menggunakan 230 bus menuju ke Jakarta. Kalau yang di Solo sebanyak 4.000 ribu orang yang diangkut menggunakan 89 bus," terang Syaiful di sela-sela memberangkatkan para pemudik.

Syaiful berharap, program mudik gratis ini bisa terus diselenggarakan setiap tahun karena antusiasme pemudik tinggi.

Ia juga berharap ada penambahan dana anggaran untuk program tersebut, sehingga jumlah lemudik yang bisa ikut mudik dan balik gratis bisa semakin banyak.

"Tujuan dari program mudik gratis ini adalah untuk menekan angka kecelakaan dan menghindari kemacetan. Sekaligus juga memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita untuk mudik dan bertemu dengan keluarga mereka," imbuhnya.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto mengatakan, peserta program mudik gratis saat arus balik ini mengalami peningkatan.

"Ada peningkatan sampai 50 persen dibandingkan tahun 2018. Ini menunjukkan minat masyarakat untuk ikut mudik gratis semakin meningkat," tuturnya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS