Jadi Contoh Terminal Sehat, Tirtonadi Miliki Fasilitas Sekelas Bandara

Chandra Iswinarno
Jadi Contoh Terminal Sehat, Tirtonadi Miliki Fasilitas Sekelas Bandara
Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari mencoba tempat cuci tangan. [Suara.com/Ari Purnomo]

Berbagai perbaikan menjadikan fasilitas di terminal setara dengan bandara.

Suara.com - Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jateng terus berbenah dengan berbagai fasilitas mumpuni. Terbaru, terminal tersebut menambah sejumlah fasilitas kesehatan, seperti keberadaan tempat cuci tangan atau wastafel di setiap rumah makan, keberadaan ruang menyusui, perbaikan sanitasi.

Berbagai perbaikan ini menjadikan fasilitas di terminal setara dengan bandara.

Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari menjelaskan Terminal Tirtonadi menjadi terminal percontohan sebagai terminal sehat saat ini.

Untuk mendukung adanya terminal sehat, maka dilakukan beberapa penilaian seperti keberadaan tempat cuci tangan, kebersihan toilet, tempat pengelolaan makanan yang sudah memenuhi persyaratan.

"Sehingga, terminal sebagai tempat berkumpulnya pengunjung, penumpang, pengemudi, pengelola dan pelaku usaha bisa menjalankan aktivitas dengan baik karena mereka tetap sehat," terang Kirana usai melakukan peninjauan ke Terminal tipe A Tirtonadi, Solo, Rabu (29/5/2019).

Kirana menambahkan, keberhasilan dalam menghadirkan terminal sehat ini tidak lain karena adanya peran serta dari pihak-pihak terkait. Seperti adanya pembinaan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Yogyakarta, kemudian adanya kerja sama dengan pihak Bank Jateng, Bank Mandiri dan juga unilever.

"Harapannya bisa dilanjutkan di terminal tingkat provinsi sampai dengan kabupaten dan kota," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono menyampaikan, dengan berbagai fasilitas kesehatan yang ada di terminal, membuat terminal setara dengan fasilitas yang ada di bandara.

"Dipilihnya terminal menjadikan previlege bagi Kota Solo karena telah memiliki fasilitas terminal penumpang berkelas seperti bandara," kata Djoko.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS