Penampakan Liang Lahat Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu Boyolali

Bangun Santoso
Penampakan Liang Lahat Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu Boyolali
Sejumlah warga menyiapkan liang lahat untuk jenazah Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu, Boyolali, Minggu (7/7/2019). (Suara.com/Ari Purnomo)

TPU Sonolayu berjarak kurang lebih 500 meter dari kediaman orang tua Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali

Suara.com - Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho (50) akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu.

TPU tersebut berjarak lebih kurang 500 meter dari kediaman orang tua Sutopo di Dusun Surodadi RT 07 RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Adik ipar Sutopo, Ahmad Jatmiko (50) mengatakan, pemilihan tempat pemakaman sesuai dengan keinginan pihak keluarga.

"Kalau di Jakarta, kalau mau menengok jauh, jadi keluarga minta agar almarhum dimakamkan di Sonolayu," ujar Jatmiko kepada Suara.com saat ditemui di rumah duka, Minggu (7/7/2019).

Jatmiko mengatakan, rencananya setibanya di rumah duka, almarhum akan disemayamkan sebentar, sehabis itu langsung dimakamkan. Dari informasi yang didapatkan, jenazah akan tiba di rumah duka di Boyolali pada Senin (8/7/2019) besok.

"Kalau dari informasi jenazah akan tiba di Boyolali, besok (Senin). Baru setelah itu dimakamkan di Sonolayu," katanya.

Meski demikian, Jatmiko belum bisa memastikan kapan tepatnya waktu pemakaman jenazah Sutopo Purwo Nugroho akan dilakukan.

Sementara itu, pantauan Suara.com dari TPU Sonolayu, terlihat sejumlah warga masih melakukan penggalian makam. Proses penggalian makan sudah dilakukan sejak Minggu pagi.

"Ini dilakukan secara gotong royong oleh para tetangga, tadi mulai menggali sejak pukul 08.00 WIB," ujar salah seorang penggali kubur, Parno (70).

Diketahui, Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu (7/7/2019) pukul 01.00 WIB di Guangzhou, China. Ia meninggal saat menjalani perawatan sakit kanker paru-paru stadium empat yang tengah dideritanya.

Jenazah Sutopo dijadwalkan diterbangkan dari Guangzhou menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan diperkirakan tiba pada Minggu malam nanti. Sebelum dimakamkan di kampung halamannya di Boyolali, jenazah akan disemayamkan terlebih dahulu di rumahnya di Depok untuk kemudian diterbangkap ke Solo pada Senin pagi besok.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS