Pengakuan Penggali Kubur: Makam Sutopo Sangat Bagus, Tak Ada Genangan Air

Agung Sandy Lesmana
Pengakuan Penggali Kubur: Makam Sutopo Sangat Bagus, Tak Ada Genangan Air
Warga saat menggali makam untuk peristirahatan terakhir mendiang Sutopo. (Suara.com/Ari Purnomo).

Parno menambahkan, bahwa kondisi makam yang akan digunakan untuk Sutopo sangat bagus. Tidak ada air atau genangan air seperti yang banyak tejadi pada makam lain.

Suara.com - Belasan warga yang juga tetangga mendiang Sutopo Purwo Nugroho (50) di Boyolali, Jawa Tengah sejak pagi sudah rampung melakukan penggalian makam yang akan digunakan untuk jenazah Kapusdatin BNPB tersebut. 

Penggalian dilakukan sesaat setelah adik ipar Sutopo, Achmad Sujadmiko meminta warga agar menyiapkan liang lahat sang kakak yang meninggal akibat penyakit kanker paru-paru.

Makam yang akan digunakan untuk peristirahatan terakhir Sutopo berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng).

Lokasi TPU ini tidak jauh dari rumah duka, lebih kurang 500 meter. Salah satu penggali makam, Parno (70) mengatakan, bahwa penggalian makam hanya dilakukan oleh tetangga dan bukan penggali makam.

"Kami para tetangga almarhum, kami diminta untuk menyiapkan makam untuk Sutopo. Jumlahnya ada belasan, tapi sebagian sudah kembali," terangnya kepada Suara.com saat ditemui di kompleks pemakaman, Minggu (7/7/2019).

Parno mengaku, bahwa kondisi makam yang akan digunakan untuk Sutopo sangat bagus. Tidak ada air atau genangan air seperti yang banyak tejadi pada makam lain.

"Biasanya kalau sudah kedalaman segini, air akan muncul. Tapi ini tidak, ini kondisinya sangat bagus," ucapnya. Letak makam Sutopo di dekat pintu masuk makam. Atau di sisi kiri pintu masuk area pemakaman.

Sementara itu, sejumlah persiapan penerimaan jenazah terus dilakukan. Baik oleh pihak keluarga maupun oleh para tetangga.

Rencananya, pemakaman akan dilakukan pada Senin (8/7/2019) sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelum dilakukan prosesi pemakaman, terlebih dahulu dilakukan sejumlah prosesi lain. Seperti serah terima jenazah dai BNPB kepada BPBD Boyolali. Serah terima dilakukan sesaat setelah jenazah Sutopo tiba di bandara Adi Soemarmo, Solo.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS