Satu Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal saat Salat di Masjid Mekkah

Reza Gunadha
Satu Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal saat Salat di Masjid Mekkah
Umat Muslim melakukan tawaf (mengelilingi kakbah sebanyak tujuh kali) di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. [shutterstock]

"Jumlah calhaj yang sudah diterbangkan itu, sudah mencapai sekitar 65,64 persen dari total yang bakal diberangkatkan ke Tanah Suci 34.940 orang," katanya.

Suara.com - Calon haji asal Embarkasi Surakarta, Jawa Tengah yang wafat hingga keberangkatan jamaah kloter 64 ke Tanah Suci, Mekkah bertambah seorang, sehingga jumlahnya menjadi enam orang.

Berdasarkan informasi yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Embarkasi Surakarta, calhaj wafat bertambah atas nama Tatik Rahayu Maskad (54), warga Kayen RT7/RW4 Kabupaten Pati.

“Calhaj tersebut tergabung kloter 59, dilaporkan wafat saat salat di masjid Mekkah Arab Saudi, pada Kamis (25/7), sekitar pukul 06.25 WAS, karena sakit gangguan jantung. Jenazahnya kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharayya Mehak Arab Saudi,” kata Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo, Jumat (26/7/2019).

"Dengan dilaporkan satu calhaj wafat itu, sehingga totalnya bertambah menjadi 6 orang. Enam itu, terdiri dari empat orang wafat di Tanah Suci, satu di dalam pesawat perjalanan ke Tanah Suci, dan satu lainnya di asrama haji di Boyolali," katanya.

Kekinian, kata dia, informasi tersebut sudah diteruskan kepada petugas daerah di Kabupaten Pati untuk dilanjutkan ke pihak keluarga.

Untuk diketahui, berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, sudah memberangkatkan 22.933 orang ke Mekkah. Total sudah ada 64 kelompok terbang calhaj yang diberangkatkan.

"Jumlah calhaj yang sudah diterbangkan itu, sudah mencapai sekitar 65,64 persen dari total yang bakal diberangkatkan ke Tanah Suci 34.940 orang," katanya seperti diberitakan Antara.

PPIH Embarkasi Surakarta, Jumat (26/7) ini dijadwalkan bakal memberangkatkan calhaj tiga kloter yakni 65 asal Kabupaten Kudus pada pukul 11.30 WIB, kemudian 66 (Kudus) pukul 12.05 WIB dan 67 (Kudus dan Banyuwangi) pukul 18.00 WIB.

Dia mengatakan calhaj yang masih menjalani perawatan karena sakit, dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Moewardi Solo, ada dua orang.

Dua calhaj itu, yakni Giman Sowiguno Gombloh (68) tergabung kloter 65 dan Jasri Sutono Nowijoyo (60) tergabung kloter 67 keduanya asal Kudus Jateng.

"Kedua calhaj yang sakit itu, kalau sudah mendapat rekomendasi dari dokter yang merawat akan diberangkatkan ke Tanah Suci, dengan kloter jamaah selanjutnya," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS