Tim Saber Pungli Tangani 36 Ribu Laporan, Jabar Paling Banyak

Chandra Iswinarno
Tim Saber Pungli Tangani 36 Ribu Laporan, Jabar Paling Banyak
Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Widiyanto Poesoko. [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Dari jumlah tersebut, sekitar 22 ribu di antaranya telah ditindaklanjuti.

Suara.com - Dugaan kasus pungutan liar (pungli) yang tengah ditangani Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) hingga saat ini sudah cukup banyak.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Widiyanto Poesoko menghitung ada sekitar 36 ribu dugaan pungli yang dilaporkan kepada pihaknya.

Dari jumlah tersebut, Widiyanto menjelaskan daerah yang paling tinggi pelaporan dugaan pungli tersebut adalah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Paling banyak Jabar, Jatim (Jawa Timur) dan Sumut (Sumatera Utara). (Untuk Provinsi) Jateng (Jawa Tengah) nomor tujuh," kata Widiyanto di sela acara Sosialisasi PP Nomor 87/2016 tentang Satgas Saber Pungli di Gedung Soemardjito Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah pada Rabu (31/7/2019).

Lebih lanjut, Widiyanto mengemukakan dari jumlah tersebut, sekitar 22 ribu di antaranya telah ditindaklanjuti, baik oleh tim Satgas Saber Pungli pusat maupun tim Satgas Saber Pungli sejumlah daerah.

"Kami masih ada 18 ribu (laporan), ini yang harus kita kejar," ujar Widiyanto.

Selain itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang dinilai terbaik dalam penanganan pungli. Dia menyontohkan Jawa Barat yang pada tahun 2018 menjadi yang terbaik dalam penanganan pungli.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS