Begini Keluarga Misem di Mata Tetangga

Dythia Novianty
Begini Keluarga Misem di Mata Tetangga
Penggalian lahan tempat ditemukannya empat tengkorak di belakang rumah Misem, Minggu (25/8/2019). (Suara.com/Teguh Lumbiria)

Temuan empat tengkorak manusia di belakang rumah Misem hingga saat ini masih misteri.

Suara.com - Temuan empat tengkorak manusia di belakang rumah Misem, warga Dusun Karanggandul, Desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, hingga saat ini masih misteri. Misem dan keluarga dikenal oleh masyarakat cukup tertutup dan minim berbaur dengan masyarakat.

Hal itu pula diakui oleh tetangganya, Arjadi (56). Ia yang rumahnya hanya berada di seberang jalan dari rumah Misem, tidak tahu detail mengenai kehidupan keluarga tersebut.

Pun dengan anak-anak Misem yang dikabarkan ‘hilang’ sejak beberapa tahun lalu. Seperti halnya warga lain, yang diketahui Arjadi mereka itu tengah merantau.

“Warga tahunya pergi, tidak tahu ke mana,” kata Arjadi saat ditemui sejumlah awak media, di rumahnya, Minggu (25/8/2019).

Dia menghitung, mereka sebenarnya sudah tinggal di rumah itu sejak lama, kisaran 20 tahunan. Namun, mereka jarang bersosialisasi dengan lingkungan.

“Ke sini (rumah Arjadi yang hanya di seberang jalan) saja tidak pernah,” kata dia.

Tertutupnya keluarga Misem juga dirasakan warga Desa Pasinggangan lainnya, Tarno. Ia yang merupakan penjual beras, kerap mendapatkan pesanan dari keluarga Misem.

Tarno kerap mengantarkan pesanan beras ke rumah Misem, sesuai dengan jumlah permintaan. Namun, saat mengantarkan beras, dia hanya sampai di bagian depan rumah saja. Karena itu, dia tidak tahu bagaimana kehidupan keluarga Misem berikut aktivitas di dalam rumah.

“Langganan beli beras sudah sejak lama. Tapi dalam dua bulan terakhir ini sudah tidak memesan lagi,” kata Tarno tidak mengetahui alasannya.

Diketahui, warga Dusun Karanggandul, Desa Pasinggangan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, digegerkan dengan temuan tengkorak manusia. Tengkorak manusia pertama kali ditemukan Rasman (63) di kebun belakang rumah warga pada Kamis (22/8/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat itu Rasman sedang membersihkan kebun di belakang rumah tetangganya, Misem. Saat mencangkul, Rasman menemukan tengkorak manusia dan kain di dalam tanah.

Sejauh ini, polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Muncul dugaan warga, keempat tengkorak itu merupakan jasad anak-anak Misem yang telah lama ‘hilang’.

Namun, hingga saat ini belum bisa dipastikan, apakah misteri temuan empat tengkorak itu merupakan jasad tiga anak-anak Misem.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara, mengaku masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media.

“Belum bisa dipastikan itu tengkorak siapa, sedang dilakukan pemeriksaan oleh dokter forensik. Sesuai keterangan saksi-saksi empat orang itu memang ‘menghilang’,” kata Bambang Yudhantara melalui pesan singkat.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS