Belasan Orang Tewas Tertabrak Kereta Didominasi Akibat Swafoto

Chandra Iswinarno
Belasan Orang Tewas Tertabrak Kereta Didominasi Akibat Swafoto
Ilustrasu kereta api. [Suara.com/Ari Purnomo]

Ironisnya, 19 kasus kematian tersebut didominasi karena aksi nekat swafoto atau selfie di kawasan terlarang kereta api.

Suara.com - Belasan orang tewas mengenaskan tertabrak kereta api selama kurun waktu Januari hingga Agustus 2019. Ironisnya, 19 kasus kematian tersebut didominasi karena aksi nekat swafoto atau selfie di kawasan terlarang kereta api.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Manajer Humas Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto kepada Suara.com saat ditemui di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (31/8/2019).

Eko menambahkan, selama ini banyak remaja maupun pelajar yang nekat aksi di swafoto di sekitar perlintasan kereta api. Parahnya, aksi dilakukan dengan menantang maut atau saat kereta api melintas.

"Kami prihatin dengan kondisi pelajar maupun remaja sekarang ini yang nekat melakukan swafoto di perlintasan kereta api. Hanya ingin viral, mereka nekat melakukan aksi menantang maut," ungkapnya.

Akibat aksi tersebut, lanjut Eko, nyawa melayang sia-sia. Eko mencontohkan aksi nekat yang sering dilakukan oleh para remaja.

"Seperti tiduran di atas rel saat kereta melintas, kemudian bergelantungan di atas jembatan, dan aksi nekat yang lainnya. Mereka memang sengaja mencari momen yang paling berbahaya hanya ingin viral," ucapnya.

Maka dari itu, Eko pun mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang ada di sekitar perlintasan kereta api, agar tidak masuk ke daerah larangan. Pasalnya, dengan masuk ke daerah terlarang kereta api, maka selain bisa membahayakan diri sendiri juga membahayakan perjalanan kereta api.

"Kami memang belum bisa memberikan tindakan atau sanksi bagi yang masuk ke daerah terlarang. Jadi kami hanya bisa mengimbaunya agar tidak masuk ke daerah terlarang," katanya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS