Gudang Amunisi yang Meledak Ternyata Berbatasan Langsung Dengan Permukiman

Chandra Iswinarno
Gudang Amunisi yang Meledak Ternyata Berbatasan Langsung Dengan Permukiman
Ledakan Gudang Amunisi Mako Brimob Semarang. (Antara)

Pembatas dua teritori itu hanya dibatasi pagar kawat saja.

Suara.com - Kondisi lingkungan antara Mako Brimob Srondol Semarang dengan rumah warga cukup miris. Apalagi lokasi gudang amunisi yang meledak tepat langsung berbatas dengan Kompleks warga RT 05/RW 02 Kelurahan Srondol Wetan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Tak hanya itu, pembatas dua teritori itu hanya dibatasi pagar kawat saja. Ada sungai kecil yang masuk area gudang amunisi Mako Brimob yang meledak sebagai pembatas. Terlihat beberapa personel Brimob berjaga dengan senjata laras panjang di area itu.

Bunyi lolongan anjing terus menyalak sedari ledakan sampai petang ini, suasana Mako Brimob juga jelas terlihat dari perkampungan, menjelaskan sangat dekatnya lokasi rumah warga dengan Mako Brimob.

Di pagar kawat tersebut juga ada semacam pintu darurat yang biasa digunakan warga untuk akses masuk ke komplek Mako Brimob karena ada dua sekolahan di dalamnya.

Saat Suara.com mendekat untuk mengambil dokumentasi pun tidak diperkenankan oleh personel Brimob yang berjaga. Bahkan meminta untuk tidak mengambil gambar foto dan rekaman.

"Maaf dari mana, jangan ambil dokumentasi apa pun, nanti ada sendiri waktunya," kata personel Brimob itu, sembari menghampiri dan memastikan ponsel Suara.com tidak merekam dokumentasi.

Akibat ledakan yang terjadi pada pukul 07.05 WIB itu, rumah yang tepat berdampingan dengan pembatas pagar kawat rata-rata hancur pada bagian kaca dan genting.

"Jam 07.00 pagi tadi ledakan, rusak atap di dapur dan kamar, juga jendela kaca pecah semua," kata Ivan (31) kepada Suara.com, Sabtu (14/9/2019).

Ivan menyebut, suara ledakan biasa kerap terjadi karena sering ada latihan rutin dari Brimob. Namun ledakan pagi tadi sangat keras dan berakibat parah pada rumah warga.

"Biasanya ada ledakan karena biasa ada latihan dan letupan, tapi tidak separah yang tadi pagi," katanya.

Rumahnya yang berada persis di belakang Mako Brimob mengalami cukup parah pada bagian genting dan kaca. Ada bagian dapur, kamar, depan mengalami genting dan kaca pecah.

Warga lainnya Salamun (57), juga mengalami kerusakan pada genting, plafon, dan kaca. Hanya saja dia langsung memberikan sendiri.

"Tinggal bersih-bersih saja, ini baru pertama ada kejadian ledakan besar di Mako," katanya yang bekerja sebagai PNS Brimob.

Kekinian di lingkungan RT 05/RW 02 Srondol Wetan, sejumlah personel polisi masih berjaga-jaga. Beberapa warga mulai membersihkan rumahnya.

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS