Terlambat di DPC, Gibran Pastikan Daftar Cawalkot Solo di DPD PDIP Jateng

Chandra Iswinarno
Terlambat di DPC, Gibran Pastikan Daftar Cawalkot Solo di DPD PDIP Jateng
Putra Sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka. [Suara.com/Ari Purnomo]

Gibran menegaskan pendaftarannya melalui DPD PDIP Jateng tidak menyalahi aturan.

Suara.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka memastikan dirinya bakal mendaftarkan diri untuk pencalonan menjadi wali kota dalam Pilkada Solo melalui DPD PDIP Jateng di Semarang.

Pendaftaran tersebut dilakukan karena sebelumnya pendaftaran yang dibuka DPC PDIP Solo sudah ditutup dan merekomendasikan pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa maju dalam Pilkada Solo 2020.

Gibran menegaskan pendaftarannya melalui DPD tidak menyalahi aturan. Mengingat, sudah ada aturan yang mengatur mengenai pendaftaran melalui DPD.

"Saya sudah berkonsultasi dengan senior-senior PDIP, dan (mereka mengatakan) masih bisa mendaftar. Pak Bambang (Wuryanto) bilang bisa, Mbak Puan juga pernah statemen bisa," terangnya saat ditemui di The Sunan Hotel, Solo pada Selasa (12/11/2019).

Tidak hanya itu, Gibran, juga menyebut Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri memberinya sebundel peraturan. Salah satunya yang mengatur mengenai pendaftaran.

"Bu Mega juga memberikan sebundel peraturan dan masih bisa (mendaftar). Itu sudah jelas, di aturannya masih bisa. Meskipun di DPC sudah ditutup," ungkapnya.

Gibran juga menegaskan bahwa dalam setiap langkah politik yang diambilnya tidak begitu saja dilakukan. Dirinya sudah melalui konsultasi dari para senior PDIP.

"Pak Rudy adalah orang pertama yang saya sowani (kunjungi), kemudian saya ke Pak Bambang. Jadi tidak ada yang saya lompati. Semua ada tahapannya," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan bahwa sesuai aturan partai nomor 24 tahun 2017 tentang Penjaringan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilakukan melalui DPC. Jika sampai pendaftaran bisa melalui DPD atau DPP hal itu menyalahi aturan.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS