Curhat Kevin, Warga Tegal yang Lahir dengan Kelamin Ganda

Reza Gunadha
Curhat Kevin, Warga Tegal yang Lahir dengan Kelamin Ganda
Kevin. [Solopos/Youtube/Gritte Agatha]

"Awalnya, saya lahir dengan benjolan testis di antara lubang vagina. Jadi lubang vagina di sebelahnya ada testis."

SuaraJawaTengah.id - Kevin, warga Tegal, Jawa Tengah, terlahir berkelamin ganda. Masa kanak-kanak, Kevin dikenal dengan nama Siti dan dianggap sebagai perempuan di tengah keluarganya.

Menginjak remaja, pesisnya usia 16 tahun, dia tidak mengalami masa pubertas, baik tumbuh payudara dan menstruasi.

Kemudian, dia melakukan pemeriksaan ke dokter dan hasil kromosomnya Kevin identik dengan lelaki.

"Awalnya, saya lahir dengan benjolan testis di antara lubang vagina. Jadi lubang vagina di sebelahnya ada testis. Seiring berjalannya waktu orang-orang lain puber. Saya enggak mengalaminya, baik datang bulan maupun tumbuhnya payudara. Saya sadar dari umur 16 tahun," beber Kevin seperti diberitakan Solopos—jaringan Suara.com, Jumat (31/1/2020).

Dikenal sebagai perempuan sejak kecil, ternyata Kevin memiliki hobi olahraga dan berantem.

Bahkan, dia juga memiliki ketertarikan dengan perempuan. Hal ini pula yang membuat dirinya memantapkan diri untuk memilih menjadi lelaki.

"Karena melihat perubahan sikap yang namanya manusia tertarik satu dengan lainnya. Saya tertarik dengan seseorang karena saya tidak mengalami masa pubertas. Saya tertarik dengan perempuan waktu masih sekolah. Dari kelas tiga SD ya sudah begitu lah seperti laki-laki dandanan, hobi saya olah raga dan juga dulu suka berantem," kata dia.

Oleh dokter, ia diminta untuk melakukan operasi kelamin. Hal tersebut dilakukan oleh Kevin, meski hasil yang diperoleh tidak sesempurna lelaki pada umumnya.

"Testisnya dijahit biar enggak turun, operasi kedua baru dijahit vaginanya untuk meluruskan saluran kencing ke depan [penis]. Mungkin kalau operasi  kurang sempurna, harus dibantu terapi hormon," tambahnya.

Masa-masa sulit pernah ia alami terutama ketika keluarga mengetahui apa yang dialami oleh Kevin.

Bahkan, dia sempat mengumpulkan keluarga besarnya untuk menceritakan semua yang terjadi kepadanya.

"Klimaksnya, saya sedih pernah curhat ke orang tua dan keluarga saya. Saya ngomong begini, 'bapak ibu maafin saya kalau suatu saat nanti saya enggak punya keturunan atau enggak bisa nikah.' Ya [mereka] maafin saya. Bukan kemauan saya, tapi langsung pemberian dari Tuhan.”

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS