Empat Pasien di Banyumas Negatif Virus Corona, Satu Pasien Masih Diisolasi

Chandra Iswinarno
Empat Pasien di Banyumas Negatif Virus Corona, Satu Pasien Masih Diisolasi
Simulasi penanganan pasien yang terdeteksi Virus Corona di RS Margono Soekarjo Purwokerto. [Suara.com/Anang Firmansyah]

Dua dari tiga pasien yang dirawat di RS Margono Soekarjo Purwokerto juga sudah diperbolehkan pulang setelah hasil yang dikirim ke Balitbang Kemenkes negatif.

SuaraJawaTengah.id - Empat pasien yang dirawat karena mengalami demam, flu dan suhu badan panas setelah memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri dipastikan negatif Virus Corona. Pasien tersebut telah diisolasi sejak minggu lalu di RS Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD Banyumas.

"Dua pasien yang kita rawat di sini semua negatif, keduanya berjenis kelamin perempuan dan asli warga Banyumas," kata Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas Noegroho Harbani melalui pesan singkat kepada wartawan pada Senin (9/3/2020).

Kedua pasien tersebut sebelumnya diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Hongkong dan Singapura. Satu di antara pasien tersebut diketahui seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Hongkong. Pihaknya kini tengah berdiskusi dengan dokter penanggung jawab pasien (DPJP) yang merawat untuk memberikan kepastian kepulangan.

"Kedua pasien tersebut sudah bersiap-siap untuk pulang ke rumahnya setelah mendapat kepastian dari sampel air liur yang dikirim ke Balitbang Kemenkes. Hasilnya negatif," lanjutnya.

Sementara itu, dua dari tiga pasien yang dirawat di RS Margono Soekarjo Purwokerto juga sudah diperbolehkan pulang setelah hasil yang dikirim ke Balitbang Kemenkes negatif. Dua pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Taiwan dan Malaysia.

"Yang akan dipulangkan pasien dari Kabupaten Banjarnegara dan Kebumen, malah rencananya akan dijemput dinas kesehatan kabupatennya masing-masing," kata Direktur RS Margono Soekarjo Purwokerto Tri Kuncoro kepada wartawan pada Senin (9/3/2020).

Sedangkan pasien dari Kabupaten Cilacap belum bisa dipulangkan karena masih menunggu hasil dari Balitbang Kemenkes Jakarta.

"Satu pasien ini masih di ruang isolasi karena dari pusat hasilnya belum keluar. Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Macau berjenis kelamin perempuan dan berusia 34 tahun," katanya.

Untuk diketahui sebelumnya, Kabupaten Banyumas mengisolasi lima pasien yang mengidap penyakit demam, flu dan suhu badan panas setelah memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

Kelima pasien tersebut dirawat di RS Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD Banyumas dan diisolasi sejak minggu lalu. Tiga pasien yang dirawat di RS Margono Soekarjo Purwokerto merupakan rujukan dari Kabupaten Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen.

Kontributor : Anang Firmansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS