Satu Pasien Diduga Positif Corona Kabur Saat akan Dirujuk ke RSUD Kudus

Chandra Iswinarno
Satu Pasien Diduga Positif Corona Kabur Saat akan Dirujuk ke RSUD Kudus
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

Pasien yang kabur memiliki riwayat pernah pergi ke luar negeri. Selain itu, pasien tersebut juga mempunyai gejala-gejala Virus Corona.

SuaraJawaTengah.id - Satu pasien yang memiliki gejala Virus Corona asal Kabupaten Demak kabur saat akan dirujuk ke RSUD dr Loekmonohadi Kudus. Sebelumnya, pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu.

Humas RS Mardi Rahayu Yuliana Wara mengatakan, pasien tersebut dirujuk ke RSUD dr Loekmonohadi untuk mendapatkan penanganan di ruang isolasi. Namun, pasien tersebut malah menolak dan kabur.

"Kita merujuk ke RSUD dr Loekmonohadi karena yang mempunyai fasilitas isolasi ada di rumah sakit tersebu. Apalagi, pasien tersebut mempunyai gejala Virus Corona," jelasnya saat dihubungi Suara.com, Selasa(17/3/2020).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus. Selain itu, identitas pasien yang diduga positif corona itu dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Demak untuk segera ditindaklanjuti.

"Saat ini sudah saya laporkan ke Satgas- 19 dan Dinkes. Semoga bisa cepat teratasi dengan baik," paparnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto menjelaskan, pasien yang kabur memiliki riwayat pernah pergi ke luar negeri. Selain itu, pasien tersebut juga mempunyai gejala-gejala Virus Corona.

"Pasien tersebut itu punya rekam jejak pernah ke luar negeri dan baru kemarin dia pulang," katanya.

Selain pengecekan di Kudus, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Demak karena dimungkinkan pasien tersebut pulang ke rumahnya yang berada di Demak.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Dinkes Demak. Beberapa personel sudah kita terjukan ke lapangan untuk melakukan pencarian."

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyembunyikan riwayat perjalanan dari luar negeri. Ini untuk meminimalisir agar penyebaran Virus Corona tidak meluas di Kabupaten Kudus.

"Saya berharap masyarakat tidak menyembunyikan dan mematuhi jika ada gejala Virus Corona segera dilaporkan atau segera periksa ke rumah sakit rujukan," jelasnya.

Kontributor : Dafi Yusuf

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS