Jumatan Masjid Agung Jawa Tengah Dipersingkat, Khutbah Cuma 10 Menit

Pebriansyah Ariefana
Jumatan Masjid Agung Jawa Tengah Dipersingkat, Khutbah Cuma 10 Menit
Salat di Masjid Agung Jawa Tengah. (Suara.com/Alfi)

MAJT tetap sesuai aturan fiqih.

SuaraJawaTengah.id - Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dipersingkat. Bgitu juga durasi Salat Jumat di MAJT akan lebih dipersingkat.

Ketua Pelaksana Pengelola (PP) MAJT Noor Achmad mengatakan salat Jumat akan dilaksanakan dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Meski berbeda, apa yang dilakukan MAJT tetap sesuai aturan fiqih.

"Bedanya yakni Sholat Jumat yang ada di MAJT akan dipersingkat saja," jelanya saat dikonfirmasi Suara.com (19/3/2020).

Ia mengatakan, kali ini yang membedakan pelaksaan salat Jumat di MAJT, khotbah akan dipersingkat, maksimal 10 menit untuk dua khotbah.

"Biasanya khotbah itu antara 20 hingga 30 menit. Namun kali ini maksimal 10 menit untuk dua khotbah," katanya.

Kemudian surat atau ayat dibaca setelah pembacaan surat Alfatihah saat Salat Jumat juga surat pendek, kemudian membaca qunut nazilah di rekaat kedua.

Setelah shalat, para jamaah akan diajak untuk melakukan istighatsah bersama untuk mendoakan agar Virus Corona yang ada di Indonesia segera berakhir. Nantinya istighosah akan dilakukan maksimal sekitar maks 5 menit.

“Setelah itu jamaah langsung pulang dan tidak usah bersalam-salaman,” katanya.

Sebelum pergi ke masjid, ia menghimbau agar jamaah mandi sunnah, wudhu dan mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, jarak barisan salat akan berbeda. Barisan jamaah akan diberi jarak antar para jamaah.

"Di lokasi tempat wudhu dan toliet MAJT sudah disediakan sabun. Selanjutnya melakukan wudhu yang sempurna dan masuk masjid," paparnya.

Kontributor : Dafi Yusuf

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS