#BupatiKlatenMemalukan Trending, Sri Mulyani Dikritik hingga Dibuat Meme

Dany Garjito | Rifan Aditya
#BupatiKlatenMemalukan Trending, Sri Mulyani Dikritik hingga Dibuat Meme
#BupatiKlatenMemalukan memuncaki daftar trending topik di Twitter pada Selasa (28/4/2020)

Hingga Selasa (28/4/2020) pagi, tagar BupatiKlatenMemalukan telah dipakai pada lebih dari 38 ribu kicauan.

SuaraJawaTengah.id - Bupati Klaten, Sri Mulyani menjadi perbincangan warganet di media sosial setelah foto bantuan hand sanitizer yang dipasangi stiker wajah viral.

Meskipun ia telah memberikan klarifikasi namun warganet terus meramaikan tagar #BupatiKlatenMemalukan.
Pantauan Suara.com, hingga Selasa (28/4/2020) pagi, tagar itu telah dipakai pada lebih dari 38 ribu kicauan. Sehingga memuncaki daftar trending topik di Twitter.

Tagar itu dipenuhi dengan banyak kritikan kepada Sri Mulyani. Misalnya komentar satire yang disampaikan oleh seorang warganet berikut ini.

#BupatiKlatenMemalukan memuncaki daftar trending topik di Twitter pada Selasa (28/4/2020)
#BupatiKlatenMemalukan memuncaki daftar trending topik di Twitter pada Selasa (28/4/2020)

"Luar biasa #BupatiKlatenMemalukan masih jadi trending topik. Langsung terkenal di seantero jagad nich. Bupati Klaten nge-top melebihi artis selebriti," komentar seorang warganet.

"Positif thingking aja. Mungkin foto ibu bupati dipasang dimana-mana biar kalau hilang gampang nyarinya #BupatiKlatenMemalukan," tulis warganet lain.

Sementara itu warganet yang lain merasa kepemimpinan Sri Mulyani tidak perlu diteruskan.

"Yakin tahun depan ada #BupatiKlatenMemalukan jilid 2?? Cukup ya, jangan diteruskan. Sungguh tidak ada faedahnya selama beliau menjabat, kita semakin terhimpit oleh ketiga kota (Solo, Boyolali, Jogja) yang otonominya semakin maju. Nah kita? Kayak diem di tempat aja ini," ujar seorang warganet.

Tidak hanya membuat kritik dan hujatan kepada sosok Bupati Klaten. Warganet juga membuat meme atau gambar lucu dengan menggunakan wajah Sri Mulyani.

Misalnya foto Sri Mulyani diedit dalam cuplikan film superhero Spirderman. Gambar Bupati Klaten terlihat di tembok dan sosok Peter Parker (Spiderman) tengah memandangnya.

(Twitter/@xxSaturbaexx)
(Twitter/@xxSaturbaexx)

"Dimana-mana kok ada fotomu bu," ujar @xxSaturbaexx.

Meme lain yang diunggah warganet ke Twitter dengan tagar BupatiKlatenMemalukan, memperlihatkan wajah Sri Mulyani muncul di atas roti tawar. Sketsa wajahnya tampak tersusun dari mesis.

(Twitter/@burhanuddinyi)
(Twitter/@burhanuddinyi)

Masih banyak lagi gambar-gambar lain yang memparodikan sosok Bupati Klaten Sri Mulyani dan tersebar luas di media sosial.

Klarifikasi Bupati Klaten Sri Mulyani

Sri Mulyani sebenarnya telah memberikan klarifikasi terkait beredarnya stiker berwajah dirinya di hand sanitizer. Klarifikasi tersebut disampaikan melalui unggahan di akun Twitter @YaniSunarno.

"Kepada seluruh netizen, saya sampaikan terimakasih atas saran, kritik dan masukannya. Berkaitan dengan bantuan hand sanitizer kepada masyarakat. Saya sampaikan permohonan maaf atas kesalahan yg terjadi di teknis lapangan," tulis Sri Mulyani, Senin (27/4/2020).

Dalam keterangannya, Sri Mulyani menjelaskan tidak bermaksud untuk mengambil keuntungan pribadi dalam penyaluran bantuan hand sanitizer.

"Tidak ada maksud menumpangi atau mengambil keuntungan pribadi, karena selain mendapat bantuan dari kemensos, saya juga membuat bantuan hand sanitizer sendiri yang memang ada stiker dari saya," ucapnya.

Ia juga menyebut, bantuan sembako yang ia serahkan kepada kantor DPC PDIP Klaten berasal dari dana pribadi miliknya.

"Sedangkan untuk bantuan sembako yang saya serahkan di kantor DPC adalah dana pribadi saya selaku ketua DPC PDIP kab klaten. Sekali lagi saya sampaikan permohonan maaf atas peristiwa yg tdk mengenakan ini. Terimakasih," katanya.

Bupati Klaten Sri Mulyani minta maaf soal hand sanitizer berstiker fotonya (Twitter/yanisunarno)
Bupati Klaten Sri Mulyani minta maaf soal hand sanitizer berstiker fotonya (Twitter/yanisunarno)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah memberikan teguran kepada Sri Mulyani setelah mendapat aduan dari publik.

"Pangapunten nggih, Pak. Kulo mention malih @ganjarpranowo. Monggo ditegur ataupun diberi tindakan agar beliau tidak menggunakan kesempatan kampanye dalam kesempitan," komentar seorang warganet.

Komentar ini langsung ditanggapi oleh Ganjar melalui akun Twitternya,  "Injih, saya kasih peringatan! cc @YaniSunarno".

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS