Bupati Klaten Viral, Postingan Lamanya Bagi-bagi Masker Jadi Sorotan

Dany Garjito | Rifan Aditya
Bupati Klaten Viral, Postingan Lamanya Bagi-bagi Masker Jadi Sorotan
Bupati Klaten Viral, Postingan Lamanya Bagi-bagi Masker Jadi Sorotan (Twitter dan Instagram)

"Saya yakin ibu ini tahu makna social distancing/ physical distancing #BupatiKlatenMemalukan," komentar seorang netizen.

SuaraJawaTengah.id - Sosok Bupati Klaten Sri Mulyani viral di media sosial setelah foto bantuan hand sanitizer yang dipasangi stiker wajah beredar luas.

Tidaknya hanya mengomentari soal bantuan hand sanitizer, publik juga kembali menyoroti unggahan lama Sri Mulyani. Postingan tersebut menunjukkan sang Bupati membagikan masker kepada pedagang pasar.

Sri Mulyani mengunggah foto-fotonya saat membagikan masker ke akun Instagram pribadinya, @yani_sunarno, pada Sabtu (21/4/2020).

Dalam foto tersebut, Sri Mulyani terlihat memberikan imbauan kepada warga memakai pengeras suara. Dia berdiri di atas mobil Jeep dengan atap terbuka.

Tampak banyak sekali warga yang berkurumun di sekitar mobil. Mereka tidak terlihat menerapkan jaga jarak atau social distancing sebagaimana dianjurkan oleh WHO.

Pada beberapa foto yang lain, Sri Mulyani dari atas mobil juga terlihat membagikan hand sanitizer ke warga.

"Tidak ada batas perjuangan dalam sebuah pengabdian untuk rakyat. Pagi hari ini membagikan masker dan hand sanitizer untuk masyarakat Klaten, woro-woro ke pasar-pasar untuk pencegahan Covid-19. Mari jaga bersama diri dan lingkungan kita lurr, saling mengingatkan #Klatensehat," tulis @yani_sunarno.

Unggahan Bupati Klaten ini kembali menjadi perbicangan warganet di Twitter.

"Aku tambahin gais. Waktu Bupati Klaten sedang membagikan masker ke masyarakat, ini bentuk rasa sayangnya beliau ke masyarakat loh gaisssss. Physical Distancing nya kapan-kapan aja. Yang penting bagiin masker #BupatiKlatenMemalukan," tulis seorang warganet.

Bupati Klaten Viral, Postingan Lamanya Bagi-bagi Masker Jadi Sorotan (Twitter dan Instagram)
Bupati Klaten Viral, Postingan Lamanya Bagi-bagi Masker Jadi Sorotan (Twitter dan Instagram)

Dalam cuitan itu dilampirkan video saat Bupati Klaten sedang bagi-bagi masker kepada warga. Terlihat ibu-ibu berjejalan berusaha untuk meminta masker dari sang bupati.

Komika Gilang Baskara juga sempat mengomentari aksi bagi-bagi masker Bupati Klaten ini. Ia membuat video berbau sarkas yang diunggah ke kanal YouTube Politik 101 pada 26 Maret 2020.

Warganet yang lain kemudian memberikan komentar untuk video tersebut.

"Saya yakin ibu ini tahu makna social distancing/ physical distancing #BupatiKlatenMemalukan," komentar seorang netizen.

"Masker dibagikan dengan tangan kosong, dipegang satu satu. Bravo. Saya sarankan ibu segera cek kesehatan terkait Covid-19," tulis warganet yang lain.

"Viral yang kedua kalinya, bukan karena kerjanya tapi capernya," komentar netizen di akun Instagram Bupati Klaten.

Untuk diketahui, Bupati Klaten Sri Mulyani sebenarnya telah memberikan klarifikasi terkait beredarnya stiker berwajah dirinya di hand sanitizer. Klarifikasi tersebut disampaikan melalui unggahan di akun Twitter @YaniSunarno.

"Kepada seluruh netizen, saya sampaikan terimakasih atas saran, kritik dan masukannya. Berkaitan dengan bantuan hand sanitizer kepada masyarakat. Saya sampaikan permohonan maaf atas kesalahan yg terjadi di teknis lapangan," tulis Sri Mulyani, Senin (27/4/2020).

Dalam keterangannya, Sri Mulyani menjelaskan tidak bermaksud untuk mengambil keuntungan pribadi dalam penyaluran bantuan hand sanitizer.

"Tidak ada maksud menumpangi atau mengambil keuntungan pribadi, karena selain mendapat bantuan dari kemensos, saya juga membuat bantuan hand sanitizer sendiri yang memang ada stiker dari saya," ucapnya.

Namun hal ini tidak membuat warganet berhenti untuk terus membicarakan sang bupati. Bahkan tagar #BupatiKlatenMemalukan telah ramai dipakai warganet pada lebih dari 38 ribu kicauan dan memuncaki daftar trending topik di Twitter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS