Jadwal Buka Puasa Hari Ini Semarang 28 April 2020 / 5 Ramadan 1441 H

Pebriansyah Ariefana
Jadwal Buka Puasa Hari Ini Semarang 28 April 2020 / 5 Ramadan 1441 H
Gorengan, jajanan tradisional pilihan untuk buka puasa. (Dok. Eatwell Culinary)

Penting juga untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman manis untuk berbuka. Terutama untuk pasien diabetes melitus.

SuaraJawaTengah.id - Jadwal Buka Puasa Hari Ini. Jadwal Buka Puasa Semarang Selasa 28 April 2020 / 5 Ramadan 2020 Maghrib pukul 17:35 WIB. Setelah berpuasa selama kurang lebih 14 jam, tubuh tentu kehilangan banyak energi.

Oleh karena itu buka puasa menjadi waktu yang tepat mengembalikan tenaga dengan mengonsumsi gula sebagai sumber energi. Jadwal buka puasa hari ini berdasarkan jadwal buka puasa dari Kementerian Agama.

Namun, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman manis untuk berbuka. Terutama untuk pasien diabetes melitus.

Head of Nutrifood Research Center Astri Kurniati juga mengingatkan agar tetap memilih sumber makanan sehat ketika periode buka puasa sampai dengan sahur. Salah satunya dengan memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan oatmel yang tinggi serat.

Selain makanan, aktifitas fisik juga harus tetap dilakukan selama berpuasa. Menurut Astri, waktu olahraga paling tepat adalah mendekati waktu berbuka atau 2 hingga 3 jam setelah berbuka dengan durasi 30 menit.

Selain itu, kita perlu tahu juga arti dan waktu yang tepat untuk membaca doa buka puasa tersebut.

Ada beberapa versi yang dijelaskan dalam beberapa hadits tentang lafal doa berbuka puasa. Seperti dalam hadits riwayat sahabat Mu’adz bin Zuhrah, dimana Rasulullah ketika Berbuka, beliau berdoa:

"Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu"

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (HR. Abu Daud).

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah melafalkan doa sebagaimana berikut:

"Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah"

Artinya: Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah (HR. Abu Daud).

Menurut penulis di NU Online, Ustadz M. Ali Zainal Abidin dua lafal doa di atas umumnya oleh umat Islam di Indonesia digabung menjadi satu dan dibaca sebelum berbuka puasa.

Waktu yang tepat membaca doa buka puasa

Menurut Ustadz M. Ali Zainal Abidin, banyak orang salah paham tentang pelaksanaan membaca doa ini. Umumnya, masyarakat membaca doa buka puasa sebelum menyantap makanan atau minuman di saat masuk waktu maghrib.

Padahal, Ustadz M. Ali menyebutkan cara membaca doa yang paling benar adalah setelah selesai berbuka puasa.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin:

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,” (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Ustadz menjelaskan memang tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun dengan membaca doa di atas sebelum berbuka puasa, telah mendapatkan kesunnahan (husul ashli as-sunnah). Tapi tetap yang paling utama adalah membacanya tatkala selesai berbuka.

Agar memperoleh kesunnahan yang sempurna, Ustadz M. Ali menyarankan umat Islama untuk membaca doa berbuka puasa setelah selesai berbuka atau menyantap makanan dan minuman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS