Jangan Keringkan Wajah Dengan Handuk! Ini Alasannya

M Nurhadi
Jangan Keringkan Wajah Dengan Handuk! Ini Alasannya
Ilustrasi cuci muka (shutterstock)

Anda bisa menggunakan handuk kertas atau tisu.

SuaraJawaTengah.id - Mengeringkan wajah yang basah menggunakan handuk ternyata bisa berdampak pada kesehatan kulit wajah.

Menggunakan handuk yang biasa digunakan untuk mengeringkan tubuh sesaat setelah mandi dapat menyebabkan kulit wajah meradang.

Melansir dari TimesIndonesia.co.id, meski handuk yang digunakan adalah handuk baru, penggunaannya dapat mengikis kelembaban kulit wajah.

Terlebih, bila saat mengeringkan dengan handuk, dilakukan dengan cara yang cenderung kasar atau menggesek di permukaan kulit terlalu keras. Ini bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari Nova, mengeringkan wajah dengan handuk juga dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, penggunaan yang berlebihan juga bisa membuat permukaan kulit wajah menjadi kasar.

Sebagai ganti dari kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk, anda bisa mengusapkan tangan agar wajah kering namun tetap lembab. Namun sebelumnya, pastikan permukaan tangan anda higenis.

Setelah itu, usap wajah yang basah dari tengah ke arah telinga secara perlahan. Cara ini cukup efektif dalam menjaga kelembaban kulit wajah dan terhindar dari penyebaran bakteri dan kuman ke wajah.

Dan lakukan dengan gerakan memutar awali dari tengah wajah lalu ke atas samping dan bawah saat mengeringkan wajah. Langkah ini dianggap bisa memberi ketenangan dan mempelancar peredaran darah.

Ada pula cara lain yang patut anda coba, salah satunya menggunakan handuk kertas sekali pakai. Handuk kertas sangat cocok untuk anda yang memiliki kulit yang sensitif. Namun, bila anda kesulitan mendapatkan handuk kertas, anda bisa menggunakan tisu yang mudah ditemukan di berbagai toko.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS