Waduh! Gegara Tali Layangan, 13 Daerah di Jateng dan DIY Mati Lampu Semalam

Bangun Santoso
Waduh! Gegara Tali Layangan, 13 Daerah di Jateng dan DIY Mati Lampu Semalam
Ilustrasi: Mati lampu. (Shutterstock)

Saat melakukan perbaikan, petugas PLN mendapai ada benang layang-layang yang menyangkut di jaringan transmisi dekat Tower 184

SuaraJawaTengah.id - Akibat gangguan listrik yang terjadi pada Jumat (31/7/2020) pukul 22.00 WIB menyebabkan 13 Kabupaten di wilayah Jawa Tengah mati listrik secara bersamaan.

Diketahui, lokasi mati lampu akibat gangguan listrik tersebut terletak di Subsistem jaringan Sutet Kesugihan-Pedan, Kabupaten Cilacap. Kejadian mati listrik tersebut berlangsung sekitar 1,5 jam.

Menurut Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Haris dalam keterangan tertulisnya menyebut, kejadian gangguan pada subsistem Kesugihan, menyebabkan 17 Gardu Induk terdampak serta hilangnya pasokan 511 MW.

Akibatnya, berimbas pada pasokan listrik di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DIY.

"Diketahui penyebab gangguan padam ditemukan adanya benang layang-layang yang menyangkut di jaringan transmisi di dekat Tower 184," ujar Haris.

Hal itu diketahui setelah petugas melakukan upaya mengatasi gangguan dari konfigurasi pengaturan beban, sehingga dampak padam listrik tidak terlalu lama.

"Atas kejadian tersebut kami pihak PLN menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang terdampak," ujarnya.

Sebelumnya daerah yang terdampak pemadaman meliputi Kabupaten Kebumen, Cilacap, Wonosobo, Purworejo, Magelang, Temanggung, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kulonprogo, Brebes, Kota Magelang dan Tegal.

Kontributor : Anang Firmansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS