facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ngeri! Banjir Terjadi di Kota Magelang, Lapak Kaki Lima Terseret ke Sungai

Budi Arista Romadhoni Rabu, 06 Januari 2021 | 16:21 WIB

Ngeri! Banjir Terjadi di Kota Magelang, Lapak Kaki Lima Terseret ke Sungai
Tangkapan layar video banjir di Magelang. (Instagram/@magelang_raya)

BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan peringatan dini adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah, periode 5-7 Januari 2021

SuaraJawaTengah.id - Curah hujan tinggi membuat beberapa daerah. Di Kota Magelang terjadi banjir besar hal itu terekam kamera dan dibagikan di media sosial pada Rabu (6/1/2020). 

Melalui akun Instagram @magelang_raya dalam video yang diunggah banjir terjadi di daerah pakelan Kota Magelang. 

Banjir menyebabkan perlengkapan pedagang kaki lima hanyut terbawa arus air banjir. 

"Curah hujan dengan intensitas tinggi.. Menyebabkan selokan di daerah pakelan tidak mampu menampung debit air. Situasi di pakelan sekaran saat hujan lebat siang ini jam 15.30," tulis akun magelang 

Baca Juga: Langganan Banjir, Warga Sebut Wahana Baru Rekreasi di Malang

Diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang mengeluarkan peringatan dini adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah, periode 5-7 Januari 2021.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengatakan berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya konvergensi akibat sirkulasi siklonik di Selatan Pulau Sumatera yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujandi wilayah Jawa Tengah.

 "Selain itu beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas," ujarnya Achadi dilansir dari Ayosemarang.com, Selasa (5/1/2021).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode 3 hari ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Untuk tanggal 05 Januari 2021, potensi cuaca ekstrem diperkirakan ada di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Cilacap Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Surakarta, Jepara, Kudus, Pati, Blora dan sekitarnya.

Baca Juga: Kasihan! Gegara Cuaca Ekstrem, Seekor Angsa Terperangkap di Danau Beku

"Lalu tanggal 06 Januari 2021, potensi cuaca ekstrem ada di Magelang, Temanggung, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Salatiga, Kota/Kab. Semarang, Brebes, Cilacap, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora dan sekitarnya," imbuhnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait