alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bencana Longsor Terjadi di Kaliangkrik Magelang, 4 Orang Luka-luka

Budi Arista Romadhoni Selasa, 26 Januari 2021 | 18:24 WIB

Bencana Longsor Terjadi di Kaliangkrik Magelang, 4 Orang Luka-luka
Longsor di Dusun Prampelan, Adipuro, Kaliangkrik, Selasa (26/1/2021). (Dok. BPBD Magelang). 

Hujan dengan intensitas lebat di Desa Adipuro menyebabkan tebing setingi 25 meter longsor menimpa rumah warga

SuaraJawaTengah.id - Terjadi longsor di Dusun Prampelan, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Selasa (26/1/2021) sore. Empat orang luka-luka akibat longsor tersebut.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Hujan dengan intensitas sedang-lebat di Desa Adipuro menyebabkan tebing setingi 25 meter longsor menimpa rumah warga. 

Longsor selebar 10 meter itu menimpa 3 rumah warga dan 1 kandang ternak. Longsor menyebabkan rumah milik Slamet Ardiyanto (39 tahun) dan Riyoto (59 tahun) rusak berat.  

Rumah dan kandang ternak yang rusak ringan adalah milik Yaminem (65 tahun) dan Sumarno. Korban luka-luka, Slamet Ardiyanto, Riyoto, Anis Safiroh (32 tahun), dan Zidni Alfa Izzati (10 tahun).

Baca Juga: Pernikahan Anak Tak Sesuai Kalender Jawa, Pria Kebumen Ini Nekat Bunuh Diri

“Korban luka dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro, Puskesmas Kecamatan Kaliangkrik, dan RSUD Tidar,” kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang, Edy Susanto. 

Korban Anis Safiroh dan Zidni harus dilarikan ke RSUD Tidar, Kota Magelang untuk menjalani perawatan lanjutan karena menderita luka masing-masing di pantat dan kaki. 

Longsor yang membawa material rumpun bambu juga menutup askes jalan Dusun Prampelan. Keluarga Slamet Ardiyanto dan Riyoto mengungsi ke rumah orang tua dan tetangga karena rumahnya tidak dapat ditempati. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberi peringatan cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah, 26-28 Januari 2021. Masyarakat diimbau waspada terkait cuaca ekstrem tersebut.

Hari ini hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kab/Kota Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Boyolali, Klaten, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

Baca Juga: Lagi! Ibu Digugat Anak Kandung di Kendal, Masalahnya Karena Tanah Warisan

Kemudian di Kendal, Kab/Kota Semarang, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Salatiga, Sragen, Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonogiri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait