alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Asyik Wisata di Demak Telah Dibuka, Ini 7 Tempat yang Cocok Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Ronald Seger Prabowo Sabtu, 11 September 2021 | 09:50 WIB

Asyik Wisata di Demak Telah Dibuka, Ini 7 Tempat yang Cocok Dikunjungi Saat Akhir Pekan
Para peziarah yang berdoa di depan pintu Komplek Makam Sunan Kalijaga Kabupateb Demak. [Suara.com/Dafi Yusuf]

Seluruh wisata yang ada di Kabupaten Demak bisa beroperasi kembali dengan beberapa catatan.

SuaraJawaTengah.id - Pemkab Demak secara resmi telah membuka kembali tempat-tempat wisata di wilayahnya. Hal ini seiring menurunnya level PPKM di Semarang Raya. 

Melalui unggahan di akun instagram, Bupati Demak Eisti'anah memastikan seluruh wisata yang ada di Kabupaten Demak bisa beroperasi kembali dengan beberapa catatan. 

"Alhamdulillah,menyemai rindu pada seluruh destinasi wisata di kab. Demak akhirnya terbayarkan sudah. Pertanggal (06/09/2021) seluruh destinasi wisata di kab. Demak resmi dibuka. Sehingga tak hanya wisata religinya saja, namun alam hingga lainnya," kata Eisti'anah melalui keterangan tertulisnya. 

"Kendati demikian, kita ampun jumawa njih, ingat bayang-bayang pandemi esih enten. Oleh karenanya, penerapan prokes wajib dijaga ya sedulur," jelasnya. 

Baca Juga: Catat Lur! 15 Destinasi Pariwisata di Banyuwangi Ini Sudah Buka Lho

Nah, kabar gembira tersebut tentunya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Bagi masyarakat di Kabupaten Demak dan sekitarnya yang sudah jenuh dan butuh melepaskan penat akibat kebijakan PPKM. 

Selain dikenal akan wisata religinya, di Kabupaten Demak juga terdapat beberapa wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Merangkum informasi dari video di channel youtube AR TVLOG. Berikut 7 tempat wisata di Kabupaten Demak yang cocok dikunjungi saat akhir pekan nanti. 


1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak seperti telah menjadi ikon Kabupaten Demak. Masjid bersejarah ini merupakan peninggalan para Walisongo dan Sultan Fatah. Bahkan usia Masjid Agung Demak ini telah mencapai 500 tahunan. 

Berlokasi di Kelurahan Bintoro, Kecamatan, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah ini memiliki sebuah museum sejarah yang wajib kamu kunjungi. Di dalam sebuah ini terdapat beberapa peninggalan bersejarah zaman Walisongo maupun zaman Kerajaan. 

Baca Juga: Pelepasan Tukik Jadi Penanda Dibuka Kembali Pariwisata Banyuwangi

Di samping Masjid Agung Demak juga terdapat alun-alun simpang 6. Area ini biasanya dijadikan tempat bermain, bersantai maupun berolahraga. 


2. Ziarah ke Makam Sunan Kalijaga

Tak ada salahnya setelah berkunjung ke Masjid Agung Demak. Dilanjut wisata religi lainnya dengan berziarah ke makam Sunan Kalijaga. Bagi orang Demak berziarah ke makam waliyullah tersebut seperti barang wajib. 

Karena Sunan Kalijaga memiliki peranan dan jasa sangat besar terhadap penyebaran agama Islam di Kabupaten Demak. Sunan Kalijaga dikenal saat berdakwah dengan pendekatan humanis. Dimana Sunan Kalijaga dengan cara mengakulturasi seni dan budaya setempat. 

Adapun lokasi makam Sunan Kalijaga ini beralamat di Jalan Raden Sahid, Desa Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 


3. Ziarah ke Makam Syekh Abdul Mudzakir

Selanjutnya wisata religi lainnya yang tak kalah populer di Kabupaten Demak yakni berziarah ke makam Syekh Abdul Mudzakir. Seorang ulama yang hidup pada abad ke-20 ini menasbihkan hidupnya untuk menyebarkan ajaran Islam di kawasan pantai sayung. 

Selain itu, menurut sejarah Syekh Abdul Mudzakir juga turut membantu Indonesia melawan penjajahan Belanda sekitar tahun 1869-1950 masehi. Menariknya makam yang berada di tengah laut ini tak pernah diterjang oleh ombak sedikit pun. 

Lokasi makam Syekh Abdul Mudzakir sendiri beralamat di Dusun Morosari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

4. Wisata Alam Hutan Mangrove Wonosari

Selain terkenal dengan wisata religinya, di Kabupaten Demak juga terdapat tempat wisata alam hutan mangrove. Tempat wisata ini sebenarnya sejalur dengan makam Syekh Abdul Mudzakir. 

Tempat wisata alam mangrove ini cocok sekali bagi kamu yang ingin bersantai dan menikmati suasana yang masih asri dan sejuk. Selain itu, wisata mangrove juga terdapat beberapa spot foto keren untuk kamu abadikan. 


5. Pantai Worosari

Di daerah dusun Wirosari juga ternyata terdapat sebuah pantai yang bisa sekalian kamu kunjungi. Di kawasan pantai ini kamu menikmati lamparan laut yang luas. Terlebih ketika sore hari biasanya terdapat pemandangan sunset yang sangat indah. Sehingga pemandangan tersebut perlu diabadikan dan tak boleh terlewatkan begitu aja. 


6. Brown Canyon 

Tak hanya di Semarang saja, ternyata di Kabupaten Demak juga memiliki bangunan pasir yang mirip Brown Canyon di Amerika. Seperti halnya di Semarang, tempat Brown Canyon di Demak juga berasal dari bekas galian pertambangan. 

Karena pemandangannya sangat instagramble, Brown Canyon di Demak kini sering dikunjungi para anak muda untuk berburu spot foto yang ciamik di tempat tersebut. 

Wisata Brown Canyon Demak ini berada di Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 


7. Pantai Glagan Wangi Istambul

Pantai Glagan Wangi Istambul ini bak surga tersembunyi di Kabupaten Demak. Pesona pantai pesisir utara ini cukup eksotis karena dikelilingi hutan mangrove di sekitarnya. 

Selain itu, di Pantai Glagan Wangi Istambul ini juga terdapat spot-spot foto menarik yang bisa diabadikan. Adapun lokasi surga tersembunyi ini berada di Desa Tambakbulusan, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Itulah beberapa tempat wisata religi maupun wisata alam di Kabupaten Demak yang bisa kamu kunjungi ketika akhir pekan maupun hari-hari biasa. Jangan lupa saat berkunjung ke tempat wisata tetap jaga protokol kesehatan ya. 

Kontributor : Fitroh Nurikhsan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait