facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Punya Energi Panas Bumi Melimpah, Dataran Tinggi Dieng akan Dibangun 10 Sumur PLTP

Budi Arista Romadhoni Selasa, 16 November 2021 | 07:00 WIB

Wow! Punya Energi Panas Bumi Melimpah, Dataran Tinggi Dieng akan Dibangun 10 Sumur PLTP
Peninjauan Lokasi PLTP Geodipa Energi di Dieng, Senin (15/11/2021). [Suara.com/Citra Ningsih]

Dataran tinggi dieng terkenal memiliki potensi panas bumi yang sangat besar, dari situ lah kawasan tersebut akan dimanfaatkan sebagai PLTP

SuaraJawaTengah.id - Dataran tinggi Dieng tidak hanya memiliki potensi wisata saja namun juga potensi panas bumi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. 

Rencananya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng 2 Geodipa Energi akan melakukan pengeboran sebanyak 10 sumur baru di Desa Karang Tengah, Dieng kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Project General Manajer Geodipa Energi, Rio Supriadinata Marza menyebut, dataran tinggi dieng memiliki potensi panas bumi yang sangat bagus. Karena hal itu, pihaknya tak tanggung-tanggung berencana membangun 10 sumur sekaligus. 

"Memang Dieng memiliki potensi geotermal yang sangat bagus. Sampai hari ini hasil studi ada 250 Mega Watt di permukaan. Kami akan melakukan pengembangan Dieng unit 2 ini dengan rencana melakukan pengeboran 10 sumur, 5 sumur produksi dan 5 sumur injeksi," ungkap Rio, Senin (15/11/2021). 

Baca Juga: Inovasi Uap Panas Bumi PLTP Kamojang Dongkrak Produksi Bibit Kentang Naik 2 Kali Lipat

Proses drilling atau pengeboran akan memakan waktu dua tahun untuk menyelesaikan 10 sumur dengan kedalaman sumur 3000 meter. Rencananya, pengeboran perdana akan dimulai pada tanggal 25 November 2021 dan selesai pada tahun 2023 mendatang.

"Pengeboran perdana pada tanggal 25 November tepat pukul 00.00 WIB. Pengerjaan memakan waktu dua tahun dengan kedalaman sumur 3000 meter," tambah dia. 

Rio mengatakan, dari 10 sumur tersebut akan menghasilkan daya sebesar 55 mega watt Net. Daya listrik tersebut sepenuhnya akan di distribusikan ke wilayah Jawa-Bali. 

"10 sumur memiliki kapasitas 55 Mega Watt net, iya ini untuk wilayah Jawa - Bali," kata dia. 

Besaran investasi untuk membangun 10 sumur tersebut mencapai angka 220 juta US dolar Amerika. "Investasi di kisaran 220 juta US Dollar, 45 persen untuk pengeboran dan 50 persen untuk pembangkit listrik, sementara sisanya untuk supporting," papar dia. 

Baca Juga: 5 Wisata Wonosobo Terpopuler: Petak 9 Dieng, Gunung Prau Hingga Curug Winong Kaliwiro

Rio menambahkan, meski projek pengeboran sumur ada kemungkinan gagal, namun pihaknya tetap optimis. Pihaknya telah menghitung succes ratio atau tingkat keberhasilan projek pengeboran 10 sumur tersebut mencapai 80 persen. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait