alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hore! Presiden Jokowi Gratiskan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Budi Arista Romadhoni Selasa, 11 Januari 2022 | 15:59 WIB

Hore! Presiden Jokowi Gratiskan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19
Ilustrasi Penerima Vaksin Booster Gratis. Presiden Jokowi memutuskan akan memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19, dan pemberian akan dimulai besok pagi (Freepik)

Presiden Jokowi memutuskan akan memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19, dan pemberian akan dimulai besok pagi

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah Indonesia bakal menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Jokowi menegaskan pemerintah memutuskan menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksinasi dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena sekali lagi saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," kata Jokowi dikutip dari ANTARA di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga itu akan mulai dilaksanakan pada 12 Januari 2022. "Mulai 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Vaksinasi Booster Gratis, Kelompok Rentan dan Lansia Mulai Disuntik Besok

Dosis vaksin penguat itu dinilai penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi.

"Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya," kata dia.

Meski sudah divaksin dosis ketiga, dia mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," kata dia.

Terdapat lima jenis vaksin yang sudah mendapatkan ijin penerapan secara darurat alias emergency use authorization dari BPOM untuk menjadi dosis vaksin penguat, yaitu Sinovac/Coronavac, Moderna, Ffizer, AstraZeneca, dan Zificav.

Baca Juga: Kapolda Sumut Bilang Target Vaksin Covid-19 Tercapai

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan sampai Selasa (11/1) pukul 12.00 WIB, jumlah dosis pertama vaksin Covid-19 yang sudah disuntikkan di Indonesia mencapai 171.056.204 dosis atau 82,13 persen dari target sementara dosis kedua yang sudah disuntikkan adalah sebanyak 117.333.660 atau 56,34 persen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait