alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sudah Dua Bulan Meninggal, Begini Kondisi Jenazah Bocah di Pemalang yang Disimpan Orang Tuanya

Budi Arista Romadhoni Kamis, 13 Januari 2022 | 07:14 WIB

Sudah Dua Bulan Meninggal, Begini Kondisi Jenazah Bocah di Pemalang yang Disimpan Orang Tuanya
Jenazah SA (14) saat masih berada di rumahnya di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang sebelum akhirnya dimakamkan. [Istimewa].

Warga Pemalang menyimpan jenazah anaknya karena meyakini masih hidup

SuaraJawaTengah.id - ‎Orang tua di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang menyimpan jenazah anaknya yang sudah dua bulan lebih meninggal karena diyakini masih hidup. Petugas puskesmas mengungkapkan kondisi jenazah tersebut.

Kepala Puskesmas Moga Sugiarto mengatakan, ‎petugas puskesmas mendatangi rumah orang tua SA, bocah yang jenazahnya disimpan kendati sudah meninggal pada Minggu (9/1/2022) bersama petugas dari Polsek Moga untuk melakukan pemeriksaan medis.

"‎Saat diperiksa, kondisi jenazah sudah mengkerut dan bau," kata Sugiarto kepada Suara.com, Rabu (12/1/2022).

Menurut Sugiarto, jenazah SA dibaringkan orang tuanya di sebuah kamar. Jenazah itu mengenakan pakaian dan kerudung.

Baca Juga: Duh! Hendak Main Bola, Dua Remaja di Pemalang Tersambar Petir, Satu Tewas

"Jenazah ditutupi selimut sampai dada. Tidak ada ‎semacam pengawet di jenazahnya. Hanya kondisi kamar itu memang selalu dibersihkan, jadi kondisinya bersih,"  ujarnya.

Sugiarto mengungkapkan, hasil anamesis yang dilakukan petugas, SA memiliki riwayat penyakit TBC sejak Januari 2021. Penyakit yang diderita itu diketahui dari hasil pemeriksaan di Rumah Sakit (RS) Islam Moga.

"Di RS Islam Moga sudah dilakuan rontgen. Dinyatakan sakit TBC dan diminta kontrol ke puskemas selama enam bulan, tapi baru dilakukan satu bulan sudah berhenti," ungkapnya.

Menurut Sugiarto, keterangan orang tua SA juga menyebut anaknya sudah sejak tiga bulan yang lalu sudah tidak mau makan. Kondisinya juga tak bergerak sama sekali.

"Jadi perkiraannnya, kemungkinan sudah sekitar tiga bulan itu sudah meninggal. ‎Untuk memastikannya, termasuk penyebab meninggalnya perlu otopsi," ujarnya.

Baca Juga: Dua Nelayan Kru KM Barokah Dilaporkan Hilang di Perairan Pemalang

‎Disinggung terkait bau jenazah yang tidak tercium oleh tetangganya hingga tidak ada yang mengetahui, Sugiarto menengarai karena kondisi rumah-rumah warga yang jaraknya berjauhan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait