facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hasil Survei: Berpeluang Maju di Pilpres 2024, Elektabilitas Pasangan Anies Baswedan dan Puan Maharani Semakin Menguat

Budi Arista Romadhoni Kamis, 07 April 2022 | 18:16 WIB

Hasil Survei: Berpeluang Maju di Pilpres 2024, Elektabilitas Pasangan Anies Baswedan dan Puan Maharani Semakin Menguat
Ilustrasi, kolase foto Pasangan Anies Baswedan dan Puan Maharani sebagai calon presiden dan calon wakil presiden menjadi pilihan favorit untuk berlaga di Pilpres 2024. [Istimewa]

Pasangan AniesBaswedandan Puan Maharani sebagai calon presiden dan calon wakil presiden menjadi pilihan favorit untuk berlaga di Pilpres 2024

SuaraJawaTengah.id - Sejumlah nama berpeluang maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Lembaga survei pun ramai-ramai melakukan survei elektabilitas para tokoh politik. 

Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan pasangan Anies Baswedan dan Puan Maharani sebagai calon presiden dan calon wakil presiden menjadi pilihan favorit untuk berlaga di Pilpres 2024.

"Pasangan capres-cawapres Anies-Puan paling banyak dipilih masyarakat dengan elektabilitas sebesar 51,3 persen," kata peneliti indEX Research Reza Reinaldi dikutip dari ANTARA di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Meskipun elektabilitas Gubernur DKI Jakarta tersebut sempat turun, lanjutnya, namun hal itu tidak terlalu signifikan karena bertahan di angka 8,5 persen. Sementara, tambahnya, sejumlah nama yang biasanya berada di level bawah survei justru mengalami kenaikan.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Teratas Sebagai Capres dari 43 Nama Tokoh, Tapi Elektablitas Cenderung Stagnan

"Elektabilitas Puan Maharani mencapai 2,7 persen, Airlangga Hartarto 1,3 persen, dan Muhaimin Iskandar 0,2 persen," jelasnya.

Menurutnya, Anies Baswedan menjadi pusat oposisi terhadap wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo menjadi tiga periode. Hal itu serupa dengan posisi Ketua DPR Puan Maharani yang dinilai sebagai figur kuat di PDI Perjuangan dengan opini pilpres tetap digelar di 2024.

Apabila tidak ada amendemen Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 terkait pemilu, katanya, maka Anies dan Puan berpeluang kuat untuk bertarung di Pilpres 2024.

"Memasangkan Puan dan Anies bisa menjadi simbol rekonsiliasi kekuatan nasionalis dan religius," jelasnya.

Selain itu, menurut dia, Anies-Puan juga lebih banyak mendapatkan dukungan dari responden penelitian survei dibandingkan pasangan lain. Misalnya, dia menyebutkan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat elektabilitas 38,0 persen, Anies-Sandiaga Uno sebesar 33,4 persen, Prabowo Subianto-AHY sebanyak 30,4 persen, dan Anies-Airlangga Hartarto sejumlah 29,6 persen.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Menguat, Prabowo Subianto Melemah

Tidak hanya itu, katanya, pasangan Anies-Puan juga lebih unggul daripada skenario yang selama ini diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra, yaitu Prabowo-Puan yang mendapat elektabilitas 27,8 persen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait