facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suhu Minus 2 Derajat Celcius, Embun Es Dieng Muncul Cukup Tebal, Wisatawan Luar Kota Datangi Candi Arjuna

Budi Arista Romadhoni Kamis, 30 Juni 2022 | 08:14 WIB

Suhu Minus 2 Derajat Celcius, Embun Es Dieng Muncul Cukup Tebal, Wisatawan Luar Kota Datangi Candi Arjuna
Penampakan embun es di Kompleks Candi Arjuna Dieng yang muncul pada akhir Juni 2022. (Suara.com/Citra Ningsih)

Fenomena embun es Dieng atau embun upas di Banjarnegara, Jawa Tengah kembali muncul pada akhir Juni, Kamis (30/6/2022), candi Arjuna pun diserbu wisatawan

SuaraJawaTengah.id - Fenomena embun es Dieng atau embun upas di Banjarnegara, Jawa Tengah kembali muncul pada akhir Juni, Kamis (30/6/2022).

Meski sangat dingin, sejumlah wisatawan luar kota justru sengaja datang berkunjung ke Kompleks Candi untuk menyaksikan fenomena langka embun es Dieng atau embun upas.

Fatur, wisatawan asal Sragen mengaku dirinya sangat penasaran dengan kemunculan embun es Dieng yang menyerupai salju.

Ia sengaja datang dan menantikan momen kemunculan embun es di Dieng.

Baca Juga: Banyak Mobil Tak Kuat Jalan di Tanjakan 15 Persen Dieng

"Memang sengaja kesini pas kemungkinan muncul salju, karena penasaran," kata dia saat melihat langsung penampakan embun es di lapangan kompleks Candi Arjuna, Kamis (30/6/2022) pagi.

Ia menyebut, sebelum berangkat dirinya sudah melakukan pantauan suhu Dieng melalui google dan informasi dari pemilik homestay Dieng.

"Jadi kemarin itu suhunya sudah 5 derajat celcius, kayaknya kemungkinan muncul es tinggi jadi saya berangkat kesini dan sampai di penginapan tadi malam. Ya sudah mantau mantau informasi suhu Dieng," kata Fatur.

Akhirnya, dengan niat dan keinginan yang besar, Fatur kali ini berhasil menyaksikan secara langsung fenomena embun upas atau embun es.

Fatur diantar oleh pemilik homestay, Hasta. Kebetulan, jarak antara homestay dengan lapangan kompleks Candi Arjuna hanya 50 meter.

Baca Juga: Pemboran Sumur Ketiga PT Geodipa Dieng Segera Dimulai, Warga Dimintai Doa

"Pagi-pagi tadi abis subuh sekitar setengah 6 saya antar ke lokasi embun es, karena masih gelap jadi tadi pakai senter. Dan dia (Fatur) memang terniat, paling niat untuk melihat es karena katanya kesini memang tujuannya lihat embun es," ungkap Hasta, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait