Mencoblos di TPS 38 Manahan, Tak Ada Persiapan Khusus Untuk Keluarga Jokowi

Chandra Iswinarno
Mencoblos di TPS 38 Manahan, Tak Ada Persiapan Khusus Untuk Keluarga Jokowi
Lokasi TPS 38 Manahan berada di Jalan Kasuari 3 Nomor 6 Kelurahan Manahan yang akan menjadi tempat bagi keluarga Jokowi untuk menggunakan hak pilihnya. [Suara.com/Muhammad Alfi Makhsun]

Tidak ada keistimewaan bagi keluarga Jokowi, semua penyelenggaan sesuai peraturan KPU. Tidak ada alat detektor dan tidak ada pengamanan ekstra.

Suara.com - Anak dan ibunda Presiden Joko Widodo dipastikan bakal menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 38 Manahan Kampung Tirtoyoso Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah pada pemilu 2019.

Meski begitu tidak tidak membuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 38 Manahan merasa kerepotan.

Persiapan yang mereka lakukan berlangsung sederhana sesuai yang diinstruksikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tidak ada hal yang khusus yang harus dikerjakan.

Ketua KPPS TPS 38 Manahan Sunarso mengungkapkan tidak ada pengamanan ekstra yang dipersiapkan pihaknya saat pencoblosan nanti.

Bahkan, saat keluarga Joko Widodo datang untuk menyoblos, pemilih yang terdaftar di TPS tersebut tetap bisa menyalurkan hak pilih.

"Tidak ada keistimewaan bagi keluarga Pak Jokowi. Semua kami selenggarakan sesuai peraturan dari KPU. Tidak ada alat detektor dan tidak ada pengamanan ekstra. Jika ada Paspampres (pasukan pengamanan presiden) sifatnya hanya mengawasi dari jauh," kata Sunarso kepada Suara.com, Selasa (16/4/2019).

Lokasi pencoblosan TPS 38 Manahan berada di Jalan Kasuari 3 Nomor 6 Kelurahan Manahan. Sunarso menyebut ada total 187 pemilih yang terdaftar. Jumlah itu terdiri dari 95 pemilih pria dan 22 pemilih wanita.

"Keluarga Pak Jokowi yang terdaftar di TPS ini Bu Sudjiatmi (ibu Joko Widodo), Gibran Rakabumining Raka beserta istri (Selvi Ananda) dan Kaesang Pangarep," tutur Sunarso.

Keluarga Joko Widodo itu juga sebelumnya memilih di TPS yang sama pada 2014. Saat itu Sunarso mengatakan pemungutan suara berjalan lancar hingga perhitungan suara.

"Tidak ada yang berubah dari 2014 lalu. Semua pemilih yang terdaftar kami layani secara baik. Panitia juga akan berpakaian rapi menggunakan batik tanpa ada hal yang berbeda dari biasanya. Hal ini agar pemungutan suara tetap formal dan pemilih nyaman dalam memberikan suara," lanjut pria yang sudah tiga kali menjadi bagian dari KPPS TPS 38 tersebut.

Di TPS yang berada di halaman Wisma Bunga ini nantinya akan ada sembilan KPPS yang bertugas. Dua diantaranya bertugas sebagai keamanan.

"Kami harap bisa berjalan baik dan aman saat pemilihan," ucapnya.

Kontributor : Muhamad Alfi Makhsun

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS