Harga Tiket Pesawat Mahal, Bandara Adi Soemarmo Sepi Penumpang

Chandra Iswinarno
Harga Tiket Pesawat Mahal, Bandara Adi Soemarmo Sepi Penumpang
Suasana Bandara Adi Sumarmo Solo Jateng. [Suara.com/Ari Purnomo]

Penurunan sudah terlihat sejak H-7 lalu, bahkan hingga H-3 Lebaran trafik pesawat terus mengalami penurunan.

Suara.com - Mahalnya harga tiket pesawat berdampak pada penurunan jumlah penumpang pesawat, seperti yang terjadi di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Dari pantauan Suara.com memasuki H-2 Lebaran di Bandara Adi Sumarmo, kondisi bandara yang biasanya ramai pemudik terlihat lengang.

Airport Operation and Safety Senior Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo, Iwan Novi Hantono mengakui pada Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

"Jumlah penumpang untuk arus mudik tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini ada penurunan dan tidak seramai Lebaran tahun sebelumnya," ungkap Iwan, Senin (3/5/2019).

Iwan menambahkan, penurunan ini sudah terlihat sejak H-7 lalu. Dan sampai H-3 Lebaran kemarin, trafik pesawat terus mengalami penurunan.

"Penurunannya mencapai 34 persen kalau dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun kemarin hampir semua maskapai juga mengajukan ekstra flight. Tapi untuk tahun ini tidak," imbuhnya.

Untuk jumlah penumpang, Iwan menjelaskan, penurunan hingga hampir 50 persen dibanding tahun lalu. Menurut data tahun lalu, saat H-4 Lebaran jumlah penumpang yang menggunakan pesawat terbang mencapai 6.298 orang. Sedangkan, tahun ini pada periode yang sama hanya 3.981 penumpang.

"Kalau untuk H-3 Lebaran tahun ini jumlah penumpang sebanyak 3.711 orang, tahun lalu di periode yang sama sebanyak 6.932 orang. Jadi penurunannya mencapai 49 persen," kata Iwan.

Dan yang cukup terlihat penurunannya yakni di H-2 Lebaran tahun laku sebanyak 7.511 penumpang. Sedangkan tahun ini sampai siang tercatat hanya 1.636 penumpang.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura l Adi Soemarmo, Abdullah Usman tidak menampik tingginya harga tiket membuat jumlah penumpang pesawat mengalami penurunan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS