Persiapan Pilkada Serentak 2020, Mendagri: Daerah Segera Susun Anggaran

Chandra Iswinarno
Persiapan Pilkada Serentak 2020, Mendagri: Daerah Segera Susun Anggaran
Mendagri Tjahjo Kumolo. [Suara.com/Adam Iyasa]

Mendagri mewanti-wanti anggaran tersebut harus mencukupi untuk KPU, Panwaslu, Gakkumdu dan semua lembaga yang terlibat.

Suara.com - Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo berharap kepada pemerintah daerah segera menyusun anggaran Pilkada 2020. Anggaran tersebut harus cukup tercukupi untuk semua lembaga pemilu.

"Bagi daerah yang akan mengadakan pilkada serentak 2020, untuk menganggarkan cukup tercukupi," kata Tjahyo, usai membuka Rapat Kerja APEKSI XIV 2019 di Hotel Po Semarang, Rabu (3/7/2019).

Tjahyo mewanti-wanti anggaran tersebut harus mencukupi untuk KPU, Panwaslu, Gakkumdu dan semua lembaga yang terlibat. Semua anggaran Pilkada 2020 melalui APBD masing-masing daerah.

"Karena ada juga buat pengamanan dari kepolisian, kejaksaan, dan lainnya. Maka disusun lewat KPPU harus melalui anggaran 2020," ujarnya.

Sebagai informasi, Pilkada 2020 akan dilakukan serentak di 270 daerah. Terrinci yakni di sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

Salah satu kota yang menyelenggarakan Pilkada 2020 diantaranya Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku anggaran Pilkada 2020 sudah disiapkan.

"Soal berapa besaran anggaran Pilkwakot, nanti akan dikoordinasikan dengan KPU. Sampai saat ini belum ada pembahasan dengan KPU," tuturnya.

Menurut Hendrar Prihadi, jika pilkada di Semarang akan digelar pada September 2019 untuk kembali memilih Wali Kota dan Wakil Walikota Semarang untuk periode 2020-2025.

"Secara detail teknis harusnya tanya KPU, tapi dari yang saya tangkap tahapannya dimulai September 2019. Pendaftaran calon awal tahun baru 2020," katanya.

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS