Megawati Beri Bintang Lima, PDIP Jateng Diminta Menangkan Pilkada 2020

Dwi Bowo Raharjo
Megawati Beri Bintang Lima, PDIP Jateng Diminta Menangkan Pilkada 2020
Konfercab Serentak di Panti Marhaen, Semarang, Minggu (14/7/2019). (Suara.com/Adam Iyasa)

Hendrawan meminta konsistensi PDIP Jateng untuk kembali meraih kemenangan pada Pilkada 2020.

Suara.com - DPP PDI Perjuangan telah mengevalusi perolehan suara pada Pemilu 2019 di beberapa daerah. Hasilnya, DPD PDIP Jateng mendapatkan bintang lima atau memuaskan dari Ketua Umum Megawati Sukarnoputri.

Hal itu diungkap oleh Ketua Bidang Perekonomian DPP PDIP, Prof. Hendrawan Supratikno, saat membuka Konfercab Serentak di Panti Marhaen, Semarang, Minggu (14/7/2019). Jika hasil pemenangan Pemilu 2019 di Jawa Tengah dinilai sangat memuaskan.

"Jateng masuk bintang lima dalam evaluasi yang dilakukan DPP. Evaluasi tetap diperlukan karena akan menghadapi kembali pesta demokrasi Pilkada 2020," kata Hendrawan.

Karenanya, Hendrawan meminta konsistensi PDIP Jateng untuk kembali meraih kemenangan pada Pilkada 2020 mendatang. Terutama kepada Kepala Daerah yang sudah melewati dua periode kepemimpinan.

"Jangan sampai direbut partai lain, kita tidak ingin pengalaman di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah terulang, terutama mereka yang sudah dua periode memimpin," tandasnya.

Pada Pilkada serentak 2020, akan ada ada sembilan provinsi, 271 kabupaten, dan 38 kota, yang melakukan pemilihan kepala daerah. Khusus di Jateng akan ada 21 kabupaten kota yang mengelar Pilkada.

"Jawa Tengah ini luar biasa, semua anak cabang mengalami kenaikan elektabilitas. Bahkan ada yang sampai 115 persen seperti Wonogiri, Boyolali 40 persen, Solo juga naik 20 persen," ungkapnya.

Jawa Tengah disebut Hendrawan juga telah melampaui surplus suara sebanyak 11.881 suara pada Pemilu 2019. Surplus suara itu mampu untuk menambal kekurangan suara di Jabar dan Banten yang jeblok 1,8 juta suara.

"Meski demikian, raihan tersebut untuk tidak menjadi euforia yang meninabobokan perjuangan. Masih panjang perjuangan kita, kita juga menghadapi paham radikalisme yang mengancam NKRI," tukasnya.

Untuk diketahui, konfercab Serentak PDIP Jateng dihadiri oleh seluruh anak cabang se Jateng, dan akan dilakukan pemilihan kembali pemimpin-pemimpin baru pada anak cabang (PAC).

"Konfercab Serentak akan menghasilkan kepengurusan baru PAC yang akan mewakili utusan di Kongres V Bali Agustus ini," katanya. (Adam Iyasa)

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS