Kalahkan 8 Negara ASEAN, Indonesia Juara Umum APA Sports 2019

RR Ukirsari Manggalani
Kalahkan 8 Negara ASEAN, Indonesia Juara Umum APA Sports 2019
Dalam gelaran APA Sports 2019 Yogyakarta, Indonesia berhasil pertahankan gelar juara umum [Suara.com/Putu Ayu Palupi].

Gelar juara umum APA Sports 2019 juga diperoleh pada penyelenggaraan tiga tahun sebelumnya, 2016.

Suara.com - Kontingen Indonesua berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam 13th ASEAN Ports Association (APA) Sports Meet 2019. Dalam kompetisi olahraga di tingkat ASEAN ini, Indonesia menyabet 18 medali emas, 19 perak dan 16 perunggu dari total 153 medali yang diperebutkan.

Posisi ini semakin mengukuhkan tim Garuda menjadi yang terbaik untuk kedua kalinya. Didukung sejumlah mantan atlet nasional, kontingen Indonesis berada di peringkat yang sama pada 2016.

Delegasi Indonesia dalam APA Sports yang berlangsung di Yogyakarta [Suara.com/Putu Ayu Palupi].
Delegasi Indonesia dalam APA Sports yang berlangsung di Yogyakarta [Suara.com/Putu Ayu Palupi].

"Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum," papar Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II Persero (IPC),Elvyn G Masassya dalam penutupan 13th APA Sports Meet 2019 di Candi Prambanan, Jumat (20/9/2019) malam.

Elvyn menjelaskan ASEAN Ports Association yang berkompetisi kali ini terdiri dari sembilan negara anggota. Yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei, dan Myanmar.

Turnamen tiga tahunan kali ini diikuti lebih dari seribu atlet dari sembilan negara ASEAN. Indonesia tahun ini menjadi tuan rumah dengan menyelenggarakan kompetisi di Yogyakarta dan Semarang.

"Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Vietnam. Semoga silaturahmi dan kekompakan terus terjalin antar negara anggota APA. Optimisme dan energi positif akan menjadi bahan bakar dalam menumbuhkan semangat kolaborasi antar negara di ASEAN dalam menyajikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang semakin efektif, efisien dan optimal," tandas Elvyn G Masassya.

Sementara Chairman ASEAN Port Association (APA), Muhammad Razif bin Ahmad mengungkapkan, kompetisi kali ini terdiri dari tujuh cabang olahraga. Yakni tenis, tenis meja, bulu tangkis, golf, bowling, mini marathon dan futsal.

"Saya akui Indonesia telah menjadi tuan rumah yang baik dan melakukan pekerjaan luar biasa," imbuh Muhammad Razif bin Ahmad.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS