Sudah Sampai Singapura, Rombongan Umroh Asal Jateng Terpaksa Putar Balik

Chandra Iswinarno
Sudah Sampai Singapura, Rombongan Umroh Asal Jateng Terpaksa Putar Balik
Calon jemaah tidur-tiduran di Bandara Soetta gegara batal berangkat umrah ke Arab Saudi. (Suara.com/Moh Fadil).

Karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi mendadak, akhirnya beberapa jemaah umrah juga sudah sampai di Singapura terpaksa pulang kembali.

SuaraJawaTengah.id - Dampak dihentikannya perjalanan ibadah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi secara mendadak, membuat beberapa biro perjalanan haji dan umrah asal Indonesia kelimpungan. Bahkan, beberapa jemaah umrah asal Jawa Tengah yang telah sampai di Singapura terpaksa putar balik karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

Ketua Asoaiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) DPD Jateng Endro Dwi Cahyono mengatakan, akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi ribuan jemaah umrah harus ditangguhkan. Karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi mendadak, akhirnya beberapa jemaah umrah juga sudah sampai di Singapura terpaksa pulang kembali.

"Beberapa jemaah memang sudah ada yang sampai Singapura. Karena kebijakan Arab Saudi ya kita terpaksa memulangkan lagi," jelasnya saat ditemui di Kantor Amphuri Jateng pada Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, terdapat sekitar 1.000 hingga 2.000 calon peserta ibadah umrah di Jateng yang diperkirakan tidak bisa berangkat ke Arab Saudi. Untuk Jateng, dalam satu hari diperkirakan bisa memberangkatkan 1.000 hingga 2.000 calon.

Hingga saat ini, lanjutnya, pihaknya juga belum mengetahui langkah selanjutnya untuk mengganti rugi kepada calon jemaah yang terpaksa dibatalkan keberangkatannya ke Arab Saudi.

"Kita belum mengetahui akan ganti rugi atau tidak, kita masih menunggu keputusan dari DPP Amphuri Jakarta," paparnya.

Untuk itu, ia meminta kepada calon jemaah umroh agar melakukan reschedule dan terus mengupdate informasi agar bisa update informasi terbaru. Selain itu, pihaknya meminta agar calon jemaah selalu sabar dan tawakal.

"Kita meminta agar calon jemaah tetap sabar dan tawakal. Ini masalah tidak hanya di Indonesia saja namun di seluruh dunia," katanya.

Kontributor : Dafi Yusuf

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS